Resmikan KJA, Jokowi Berharap Indonesia Tingkatkan Ekspor Kakap Putih


Resmikan KJA, Jokowi Berharap Indonesia Tingkatkan Ekspor Kakap Putih
Seorang pembudidaya ikan kakap putih sedang memberikan makanan di Keramba Jaring Apung di sekitaran laut Belawan Sumatera Utara. Rencananya Selasa (24/4) Presiden Jokowi akan meresmikan model serupa di Pangandaran.

Pangandaran, myPangandaran - Pemerintahan Jokowi-JK tengah membangun keramba jaring apung (KJA) lepas pantai di Pangandaran. Rencananya, keramba-keramba tersebut akan digunakan untuk budidaya ikan kakap putih. Pemilihan ini dikarenakan ikan kakap putih dianggap memiliki pasar ekspor yang cukup luas. Tiongkok, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat merupakan negara tujuan ekspor kakap putih tersebut.

Selain pasar yang luas, ikan kakap putih relatif mudah beradaptasi, khususnya perihal pakan. Mereka bisa mencerna apapun jenis pakan yang tersedia di lingkungannya. Ini memudahkan pembudidaya dan mengurangi beban biaya produksi.

Baca Juga:
Berjejer di Tepi Jalan, Warga Pangandaran Antusias Sambut Presiden Jokowi
Dalam 15 Tahun Terakhir, Jokowi Adalah Presiden Kedua Yang Mengunjungi Pangandaran
- Pelabuhan Cikidang Merah Putih Sambut Jokowi


Pangandaran dianggap memiliki potensi bahan baku yang mencukupi untuk mendukung produksi pakan ikan. Selain itu, banyak sumber daya manusia yang bisa diserap sebagai tenaga kerja pada budidaya perikanan.

Benih barramundi tersebut berasal dari seluruh pusat pembenihan laut di Indonesia, baik swasta maupun pemerintah. Balai-balai perikanan budi daya laut yang menguasai teknologi perbenihan kakap putih ini antara lain BPBL Lampung, BPBL Batam, BPBL Situbondo, BPBL Lombok, dan BPBL Ambon.

Diharapkan tiap titik keramba jaring apung lepas pantai ini bisa menghasilkan 800 hingga 900 ton kakap putih per tahunnya.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Bisnis Lainnya