Norwegia Bantu Indonesia Transfer Teknologi Offshore di Pangandaran


Norwegia Bantu Indonesia Transfer Teknologi Offshore di Pangandaran
Foto aerial keramba jaring apung, di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Teknologi serupa akan diresmikan Presiden Jokowi di Pangandaran, bedanya KJA akan ditempatkan di laut Pangandaran.

Pangandaran, myPangandaran - Indonesia dan Norwegia sama-sama memiliki peran penting dalam pemanfaatan sumber daya perikanan berkelanjutan guna kebutuhan pangan global. Indonesia sendiri akan mengadopsi teknologi budi daya ikan lepas pantai (offshore) dari Norwegia di beberapa tempat, salah satunya di Pangandaran.

Dari negeri di Semenanjung Skandinavia tersebut, Indonesia bisa mengadopsi teknologi pembuatan keramba jaring ikan (KJA) lepas pantai (offshore), belajar pembesaran benih di tengah laut, termasuk sistem pemantauan dan pemberian pakan. KJA lepas pantai memiliki keunggulan yaitu tahan terhadap gelombang dan memiliki ketahanan lebih dari 10 tahun.

Selama ini budidaya ikan, khususnya salmon, merupakan penggerak utama ekonomi Norwegia. Industri akuakultur menyumbang lebih kurang 80% produk domestik bruto negara Kongeriket Norge tersebut. Dalam setahun, Norwegia mampu membudidayakan bisa memanen salmon hingga jutaan ton.

Baca Juga:
- Diresimkan Jokowi, Apa Sih Keramba Jaring Apung?
- Pelabuhan Cikidang Merah Putih Sambut Jokowi
- Resmikan KJA, Jokowi Berharap Indonesia Tingkatkan Ekspor Kakap Putih



Rektor IPB Dr. Arif Satria berpendapat bahwa dengan kehadiran KJA lepas pantai ini dapat mendongkrak produksi perikanan Indonesia. “Selama ini kita sangat bergantung pada budi daya tambak, tawar maupun tangkap.” Seperti diberitakan Antara.

Bukan hanya produksi, penerapat teknologi tersebut juga menunjukkan Indonesia mampu mengembangkan budi daya ikan lepas pantai. Dan tidak perlu lagi bergantung pada perikanan di laut dangkal. (adv)







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Bisnis Lainnya
Ini Permintaan Nelayan Pangandaran Kepada Presiden Jokowi

Ini Permintaan Nelayan Pangandaran Kepada Presiden Jokowi


Selasa, 24 April 2018 07:48 WIB
Presiden Jokowi telah selesai mengunjungi Pelabuhan Cikidang sekaligus meresmikan beberapa pembangunan yang dilakukan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. Lalu apa yang diminta nelayan Pangandaran?
Pemerintahan Jokowi-JK Bangun Pabrik Ikan di Pangandaran

Pemerintahan Jokowi-JK Bangun Pabrik Ikan di Pangandaran


Senin, 23 April 2018 19:07 WIB
Rencana kerja Jokowi ke Pangandaran salah satunya guna memantau proyek pembangunan pabrik pakan ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) senilai Rp 14,8 miliar.
Diresmikan Jokowi, Keramba Jaring Apung, Apa Sih?

Diresmikan Jokowi, Keramba Jaring Apung, Apa Sih?


Senin, 23 April 2018 18:44 WIB
Salah satu tujuan kunjungan Presiden Jokowi ke Pangandaran adalah meresmikan inovasi budidaya ikan di Cikidang. Inovasi tersebut menggunakan alat bernama Keramba Jaring Apung, atau biasa disingkat KJA.
Resmikan KJA, Jokowi Berharap Indonesia Tingkatkan Ekspor Kakap Putih

Resmikan KJA, Jokowi Berharap Indonesia Tingkatkan Ekspor Kakap Putih


Senin, 23 April 2018 18:42 WIB
Pemerintahan Jokowi-JK tengah membangun keramba jaring apung (KJA) lepas pantai di Pangandaran. Rencananya, keramba-keramba tersebut akan digunakan untuk budidaya ikan kakap putih. Pemilihan ini dikarenakan ikan kakap putih dianggap memiliki pasar ekspor yang cukup luas