Diresmikan Jokowi, Keramba Jaring Apung, Apa Sih?


Diresmikan Jokowi, Keramba Jaring Apung, Apa Sih?

Pangandaran, myPangandaran - Salah satu tujuan kunjungan Presiden Jokowi ke Pangandaran adalah meresmikan inovasi budidaya ikan di Cikidang. Inovasi tersebut menggunakan alat bernama Keramba Jaring Apung, atau biasa disingkat KJA. KJA adalah sarana pemeliharaan ikan atau biota air yang diberi jaring dan pelampung agar wadah tersebut tetap terapung dalam air.  Kerangkanya terbuat dari bambu, kayu, pipa pralon, atau besi. Bisa berbentuk persegi atau bulat.

Jaring yang rekat diletakkan di bagian bawah guna memelihara ikan selama beberapa bulan, sementara kerangka dan pelambung berfungsi menahan jaring agar tetap terbuka di permukaan air.

Baca Juga:
Dalam 15 Tahun Terakhir, Jokowi Adalah Presiden Kedua Yang Mengunjungi Pangandaran
- Pelabuhan Cikidang Merah Putih Sambut Jokowi
- Resmikan KJA, Jokowi Berharap Indonesia Tingkatkan Ekspor Kakap Putih


Cara budidaya ikan keramba jaring apung ini bisa d lakukan di sungai yang dalam, danau, di atas kolam terpal, atau laut.
Pola inovasi ini memungkinkan kita memanfaatkan area yang sempit, namun bisa melipat gandakan hasil panen ikan tanpa harus menambah biaya yang besar.

Cara yang relatif mudah, dapat diaplikasikan di banyak tempat, merupakan potensi yang luar biasa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan menggunakan metode ini, jika dikelola dengan benar, banyak sungai di Indonesia dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi warga (adv)







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Bisnis Lainnya