Simulasi Gempa Guncang Pantai Pangandaran, Warga dan Wisatawan Didorong Kesiapsiagaan


Simulasi Gempa Guncang Pantai Pangandaran, Warga dan Wisatawan Didorong Kesiapsiagaan

PANGANDARAN - Siang tadi, kepanikan melanda masyarakat pesisir Pantai Barat Pangandaran akibat suara sirine yang menggema. Suara tersebut merupakan bagian dari simulasi gempa berkekuatan 8 skala Richter yang dilaksanakan di Pantai Barat Pangandaran dalam rangkaian Apel Kesiapsiagaan Bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kamis (5/9/24).

 
Dalam simulasi ini, warga yang sedang beraktivitas di pantai segera berkumpul di titik kumpul yang telah ditentukan dan mulai melakukan evakuasi mandiri ke gedung evakuasi sementara di lokasi parkir pasar wisata Pangandaran. Mereka menunggu informasi lebih lanjut dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengenai potensi tsunami.
 
Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Lilik Kurniawan, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan baik masyarakat lokal maupun wisatawan. 
 
"Simulasi ini dirancang untuk memastikan bahwa baik warga maupun wisatawan di Pantai Pangandaran siap menghadapi situasi darurat. Kami juga telah menyiapkan informasi mengenai prosedur kesiapsiagaan di hotel-hotel untuk memastikan wisatawan tidak panik dan dapat mengikuti langkah-langkah evakuasi yang telah direkomendasikan," ungkap Lilik.
 
Lilik menambahkan, bagi wisatawan yang menginap di hotel, informasi terkait kesiapan siagaan akan disediakan untuk membantu mereka mengetahui jalur evakuasi yang aman jika terjadi bencana. 
 
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini