Pengawasan Melekat Dilakukan Jajaran Bawaslu Pangandaran Untuk Jaga Kualitas Daftar Pemilih


Pengawasan Melekat Dilakukan Jajaran Bawaslu Pangandaran Untuk Jaga Kualitas Daftar Pemilih

PARIGI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran memfokuskan pengawasan pada prosedur pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dikerjakan petugas pemutakhiran daftar pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

 
Pada tahapan pemutakhiran data pemilih melalui coklit, Bawaslu Kabupaten Pangandaran beserta jajaran pengawas adhoc tingkat kecamatan (Panwascam) dan kelurahan/desa (PKD) melakukan pengawasan secara melekat dan uji petik pengawasan coklit serta melaksnakan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih. 
 
Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Ade Ajat Sudrajat menyampaikan hasil pengawasan secara melekat dan uji petik pengawasan coklit yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Pangandaran, didapati beberapa temuan terkait proses coklit yang dilakukan oleh Pantarlih.
 
“Temuan-temuan tersebut kebanyakan terkait kesalahan prosedur pelaksanaan coklit yang dilakukan oleh Pantarlih dan terdapat beberapa Pemilih yang belum tercoklit.,” ungkap Ade Ajat. 
 
Masih menurut Ade Ajat, dari hasil temuan-temuan tersebut, pihaknya memberikan instruksi kepada jajaran pengawas adhoc, untuk memberikan saran perbaikan/rekomendasi kepada jajaran KPU sesuai tingkatannya masing-masing.
 
“Berdasarkan data jajaran Panwascam dan PKD terdapat telah 29 (dua puluh sembilan) kejadian-kejadian salah prosedur kesalahan proses Coklit yang dilaksankan oleh Pantarlih, 29 tersebut tersebar di 8 Kecamatan dengan rincian di Kecamatan Padaherang sebanyak 4 Kejadian, Kalipucang 4 Kejadian, Cijulang 7 Kejadian, Sidamulih 3 Kejadian, Langkaplancar 4 Kejadian, Parigi 1 Kejadian, Pangandaran 2 Kejadian, Mangunjaya 4 Kejadian” tambah Ade Ajat.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran menjelaskan pada tahapan coklit, Bawaslu Kabupaten Pangandaran memberikan instruksi kepada pengawas adhoc untuk melaksanakan pengawasan melekat dan uji petik pengawasan coklit dan menyamapaikan hasil kerja-kerja pengawasan kepada Publik melalui Media Sosial Resmi Panwaslu Kecamatan. 
 
“Dalam tahapan coklit ini, kami, Bawaslu melakukan pengawasan melekat dan uji petik pengawasan coklit dengan tujuan untuk memastikan tidak ada permasalahan terkait data maupun daftar pemilih pada Pemilihan Tahun 2024, hal tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Pangandaran. Selain itu, paska tahapan coklit selesai, kami beserta jajaran Panwascam dan PKD akan tetap mengawal hak pilih masyarakat, dengan melaksanakan patroli pengawasan kawal hak pilih di semua wilayah di Kabupaten Pangandaran, yang akan kami laksanakan hingga hari pemungutan suara 27 November 2024 mendatang,” ucap Iwan Yudiawan.
 
Lebih lanjut Iwan menjelaskan, Bawaslu yang secara undang-undang diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan Pemilihan Tahun 2024, tidak akan bisa melakukan tugas dengan baik tanpa adanya partisipasi maupun dukungan dari seluruh elemen masyarakat.
 
"Kami sangat berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam mengawasi pelaksanaan Pemilihan Tahun 2024, bersedia melapor ke Bawaslu jika menemui adanya dugaan pelanggaran atau setidak-tidaknya ikut serta dalam melakukan pencegahan pelanggaran dengan menyebarkan informasi ke lingkungan sekitar, untuk berpartisipasi dalam mengawal proses demokrasi ini. Kita harus saling bersinergi guna memastikan pelaksanaan Pemilihan telah sesuai dengan aturan yang berlaku," pungkasnya.
 
Bawaslu Kabupaten Pangandaran juga telah berupaya melakukan Pencegahan dengan membentuk Forum warga di 10 Kecamatan dan Kampung Pengawasan di Desa Babakan yang dicanangkan oleh Kabupaten.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Politik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini