KPU Pangandaran Pastikan Tahapan Pilkada 2020 Dilanjutkan Kembali


KPU Pangandaran Pastikan Tahapan Pilkada 2020 Dilanjutkan Kembali

mypangandaran.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran memastikan tahapan Pilkada Pangandaran akan dimulai kembali pada 15 Juni mendatang.

Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, menyampaikan hal itu berdasar pada Peraturan KPU (PKPU) No. 5 Tahun 2020 perubahan atas PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada 2020 yang sudah terbit.

"PKPU perubahan ini telah terbit tadi malam, yang substanstinya pelaksanaan pemilihan pada 9 Desember dan tahapan Pilkada dilanjutkan pada 15 Juni," ujar Muhtadin saat pada Sabtu (13/6/2020).

Untuk memulai kembali tahapan tersebut, KPU Pangandaran akan mengaktifkan kembali badan penyelenggara ad hoc, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan pihaknya akan melanjutkan tahapan yang tertunda karena pandemi covid-19 beberapa waktu lalu.

"Kemarin yang ditunda itu verifikasi perseorangan, karena itu, setelah pilkada dilanjutkan, akan dilanjut yang itu, verifikasi faktual syarat calon perseorangan" tutur Muhtadin. 

Selain itu tahapan yang kemarin sempat tertunda adalah pembentukan sekretariat PPS dan pembentukan PPDP.

Muhtadin juga menambahkan, pelaksanaan pilkada akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, mulai dari verfak perseorangan, pemutakhiran data pemilih tahapan kampanye hingga hari H atau pemungutan suara.

"Penyelenggara akan dilengkapi APD dan pemilih wajib mengenakan masker. Selain itu, jumlah pemilih di TPS dikurangi maksimal jadi 500 yang tadinya 800 untuk menghindari kerumunan banyak orang," kata Muhtadin.

Sementara itu, Komisioner KPU Pangandaran  Divisi SDM dan Partisipasi Masyakarat, Maskuri Sudrajat mengatakan, pihaknya siap menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu kendati di tengah wabah virus corona.

"Khawatir tentu ada (tingkat partisipasi menurun). Namun, itu tidak jadi satu alasan menurunkan kualitas penyelenggaraan, dan kami yakinkan kepada masyarakat Pangamdaran bahwa kami penyelenggara juga badan adhoc PPK PPS siap mensukseskan pilkada Pangandaran 2020" ujar dia.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Politik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini