Tagana Bersama Relawan KSB Pangandaran Bersihkan Sungai Citonjong


Tagana Bersama Relawan KSB Pangandaran Bersihkan Sungai Citonjong

Pangandaran, mypangandaran.com - Guna mencegah terjadinya banjir, Tagana Kabupaten Pangandaran bersama relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) serta masyarakat Desa Bojong Kecamatan Parigi melakukan gerakan bersih sungai Citonjong, Minggu(24/11/2019).

 
Ketua FK Tagana Kabupaten Pangandaran Nana Suryana mengatakan, kegiatan bersih sungai merupakan salah satu kegiatan rutin. "Kita punya program Tagana Menjaga Alam (TMA) sebagai salah satu upaya mitigasi bencana, hari ini kita bersama KSB dan masyarakat membersihkan sungai Citonjong," ungkapnya.
 
Menurut Nana, sungai Citonjong merupakan salah satu sungai rawan banjir dan menjadi penghidupan masyarakat setempat. "Beberapa kali terjadi banjir bandang, luapan sungai Citonjong tahun lalu merendam ratusan rumah yang menyebabkan kita harus mengevakuasi beberapa warga yang dibantaran sungai saat itu," ujarnya.
 
Banyak faktor penyabab, kata dia, salah satunya penyempitan sungai dan banyaknya sampah yang menghambat aliran sungai. "Kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarang harus kita ingatkan, apalagi sungai Citonjong ini merupakan aliran sungai dari kawasan obyek wisata Citumang yang memberit banyak penghasilan untuk masyarakat, sehingga harus dijaga kelestariannya," ujar dia.
 
Ia melanjutkan, selain membersihkan sungai, tujuan utama kegiatan TMA yaitu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menjaga alam. "Kita edukasi masyarakat dengan aksi nyata, kalau kita hanya memungut sampah tentu akan cape sendiri, yang terpenting adalah membangun kesadaran," ungkap pria yang akrab disapa Kang Nay ini.
 
Nay menambahkan, sebelumnya, gerakan yang sama sudah dilakukan di pantai Pangandaran da sungai Cikidang. "Bersih pantaiasih kita lakukan secara rutin, yang terakhir kita gerakan bersama masyarakat dan pak Bupati membersihkan sungai Cikidang," ujarnya.
 
Ketua KSB Desa Bojong Saprudin mengatakan, pihaknya sangat bersemangat melakukan gerakan bersih sungai. "Kami termotivasi sekali setelah mendapatkan arahan dari Tagana. Ini seperti mendapatkan tenaga baru karena sungai ini harus kita jaga bersama," ungkapnya.
 
Dirinya berharap setelah gerakan ini masyarakat semakin sadar untuk menjaga sungai. "Mudah-mudahan ini menjadi gerakan besar yang nantinya bukan hanya kami tapi juga seluruh masyarakat, tidak ada lagi yang membuang sampah ke sungai dan menjaga bantaran sungao tetap terjaga," pungkasnya.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Komunitas Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini