Nikmati Suguhan Epik, Seni Ronggeng Tampil Tiap Akhir Pekan di Pangandaran


Nikmati Suguhan Epik, Seni Ronggeng Tampil Tiap Akhir Pekan di Pangandaran

Pangandaran, mypangandaran.com - Disparbud Prov Jabar bekerjasama dengan Disparbud Kab Pangandaran menyuguhkan kesenian Ronggeng bertempat di Amphitetre Pondok Seni setiap akhir pekan.

 
Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kab Pangandaran Aceng Hasim, M. Pd. didampingi Kasi Seni Budaya Iing Rohidin mengatakan, pagelaran seni ronggeng berlangsung tiap akhir pekan/malam minggu.
 
"Pemerintah bekerja sama dengan komunitas pelaku kesenian ronggeng yang tergabung dalam Pangauban Ronggeng Jawa Barat" Kata Aceng.
 
Komunitas tersebut, papar Aceng, meliputi para seniman dari berbagai daerah di Jawa Barat. "Para pengisi pagelaran ronggeng tidak hanya para pelaku seni yang berasal dari Kab. Pangandaran saja, namun juga para pelaku seni dari kabupaten kota yang ada dj Jawa Barat, seperti pelaku seni dari Kota Banjar, Kab,. Ciamis, Kab. Tasikmalaya dan lainnya," jelas Aceng. 
 
Harapan dengan digelarnya perunjukkan ronggeng secara reguler, dapat menjadi daya tarik di bidang budaya, selain daya tarik alam yang sudah ada di Pangandaran. 
 
"Harapannya ke depan orang yang berbicara Pangandaran tidak hanya pesona alamnya saja, namun juga budayanya. Seperti halnya orang bicara Bali, maka akan terbayang dalam pikirannya tari Kecak, " kata Aceng. 
 
Aceng menambahkan dengan digelarnya kesenian ronggeng secara rutin, pihaknya banyak mendapat apresiasi positif dari para pelaku wisata dan pengusaha tour dan travel.
 
Kata para pelaku wisata, yang disampaikan kepada pihaknya, dengan pagelaran seni tradisi yang terjadwal maka akan lebih menggairahkan kepariwisataan Pangandaran. 
 
"Jelasnya para pelaku pariwisata banyak yang akan menjadikan pertunjukkan seni ronggeng sebagai paket wisata yang dijual kepada wisatawan. Misalnya mereka menjual paket makan dengan pertunjukkan seni, " pungkas Aceng.
 
Seni Ronggeng merupakan seni pertunjukkan berupa tarian yang dilakukan oleh 5-7 penari perempuan dengan diiringi gamelan (alat musik tradisional).
 
Uniknya kesenian tersebut memungkinkan para penonton untuk turut serta melakukan tarian. Pola tarian yang dilakukan para juru ibing (dan penonton) secara umum membentuk pola lantai lingkaran.
 
Sedangkan gerak inti menari ronggeng terletak pada langkah kaki dengan pola hitungan mekangkah kedepan 2 hitungan, dilanjutkan membalikkan badan kesamping kanan juga dengan 2 hitungan. 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Komunitas Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini