Telematika
Menanti Kabel Telephone Masuk ke Sidomulyo Pangandaran

Menanti Kabel Telephone Masuk ke Sidomulyo Pangandaran

Desa Sidomulyo adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Pangandaran, letaknyapun tidak jauh dari pusat keramaian Pangandaran, tidak sampai berjam-jam dan tidak sampai untuk naik gunung turun gunung. Saya pernah mengisi materi disana, sayang lupa tentang apa waktu itu. Wilayah ini tidak asing bagi saya karena jaman di Madrasah Tsanawiyah dulu sering berkunjung ke Sidomulyo, ya, memang disana teman-teman sekolah banyak berasal.

Beberapa tahun setelahnya, bahkan lebih dari 10 tahun rasanya tidak ada yang berubah dengan dulu, tentu dari sisi kemajuan Telematika (Telekomunikasi dan Informatika), belum terlihat berjejernya kabel telephone yang siap menghubungkan rumah-rumah disana ke "dunia". Padahal yang ada dalam benak saya adalah, Sidomulyo itu masih Kecamatan Pangandaran, seharusnya sudah ada kabel telephone menuju kesana. Tapi memang tidak semudah dibayangkan.

Butuh Investasi Besar

PT. Telekomunikasi Indonesia sebagai satu-satunya operator yang dapat membangun infrastruktur kabel telephone tentu sangat berhitung akan hal ini, berhitung untung rugi tentunya, nilai investasi yang akan dikeluarkan akan sangat besar apalagi demand yang masih sangat kecil.

Telkom tentunya akan mencari alternatif lain untuk mengakomodasi kebutuhan internet warga Sidomulyo, satu-satunya alternatif adalah dengan jaringan GSM yang ada melalui anak perusahaanya, Telkomsel. Kondisi ini tentu akan berubah ketika Sidomulyo tumbuh berkembang, jumlah penduduk meningkat dan kebutuhan akan internet dengan kecepatan Broadband dibutuhkan.

Potret Infrastruktur Internet di Pangandaran

Apa yang terjadi di Sidomulyo adalah potret bagaimana infrastruktur Internet di Pangandaran, tentu pembaca dapat membayangkan, bagaimana mungkin Internet dan kabel telephone bisa sampai ke Kalijati di Kecamatan Sidamulih, atau Nagrak dikecamatan Cigugur kalau di Sidomulyo saja belum sampai.

Internet memang saat ini di Pangandaran belum menjadi Business Enabler yang bisa membantu mengembangkan bisnis yang ada, bahkan dibeberapa sektor bisa terus jalan tanpa bantuan internet sehingga penetrasi atau pertumbuhan internet masih sangat rendah. 

Pemerintah sebagai fasilitator sudah seharusnya mulai memikirkan hal ini, mumpung Pangandaran belum banyak kabel yang membentang alahkah lebih baiknya mulai dipikirkan akan hal ini, aturan bagaimana penanaman kabel, aturan bagaimana pemasangan tiang-tiang kabel dan tentunya yang harus dipikirkan adalah pemerataan infrastruktur telekomunikasi. 

Internet suatu saat di Pangandaran akan menjadi tools yang benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat, mulai dari mengembangkan diri, mengembangkan bisnis, edukasi dan kebermanfaatan lainnya dan tentunya Internet yang cepat akan ada jika Infastruktur memadai.

Semoga Warga Sidomulyo Pangandaran segera dapat menikmati Fix Telephone dan juga jaringan Fiber Optik dan tentunya warga Kabupaten Pangandaran.

Oleh Adi Sumaryadi, Pemerhati Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Pemilik myPangandaran.com







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Telematika Lainnya