Truk dan Kendaraan Besar Masuk Jalur Wisata


Truk dan Kendaraan Besar Masuk Jalur Wisata

Pangandaran,myPangandaran.com-Akhir-akhir ini truk bertonase besar (pengangkut pasir besi, kayu dan mobil proyek) kerap masuk Tollgate Pangandaran. Hal itu dikeluhkan UPTD Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Wilayah Pangandaran.“Jalan ini bukan jalan untuk angkutan, tapi sekarang banyak truk masuk ke sini (pintu tollgate) sehingga jalan di sini makin rusak,” tutur Kepala UPTD Disbudpar Wilayah Pangandaran Endang Sukirna.

Biasanya, lanjut dia, dump truk pengangkut pasir besi dan kayu masuk ke jalan tol sore hingga malam hari. “Mereka menghindari jalan provinsi (Pangandaran - Green Canyon, red) yang rusak. Mereka mengambil jalur melalui jalan tollgate kemudian  melewati Jalan Raya Pamugaran,” ungkapnya. Endang mengaku sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada Disbudpar Ciamis untuk menindaklanjuti kepada pihak-pihak terkait. “Jika truk-truk itu terus-terusan lewat jalur ini, kerusakan jalan bisa bertambah parah,” tuturnya.

Endang menambahkan kerusakan jalan yang saat ini hampir merata di jalur wisata mulai dari Pangandaran hingga Green Canyon sangat mempengaruhi kenyamanan wisatawan. “Banyak juga wisatawan yang mengeluh jalan ke Pangandaran rusak, kondisi ini sangat tidak baik bagi pariwisata,” tuturnya. Hal senada diungkapkan Kepala UPTD Disbudpar Wilayah Cijulang Haryono. Ia mengaku kerap mendapat komplain kerusakan jalan dari wisatawan yang datang ke Green Canyon.

Haryono mengatakan truk pasir masuk ke jalur wisata karena menghindari utama yang jalan rusak. “Karena jalur utama rusak, ada saja dump truck yang masuk Batuhiu ke luar dari Bojongsalawe, Parigi,” ungkapnya.(RadarTasikmalaya)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini