Pantai Madasari Dipenuhi Sampah, Warga dan Wisatawan Prihatin


Pantai Madasari Dipenuhi Sampah, Warga dan Wisatawan Prihatin

CIMERAK - Pantai Madasari di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kini menghadapi masalah serius. Banyak sampah yang mengotori sepanjang garis pantai telah menimbulkan keprihatinan di kalangan warga dan wisatawan.

 
Salah seorang pengunjung Pantai Madasari, Nurul Ilham, mengatakan bahwa Pantai Madasari tak terawat dan dipenuhi sampah. ”Mengganggu kenyamanan juga,” katanya.
 
Sementara Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Masawah Indra mengatakan setelah Pantai Madasari diambil alih oleh Pemkab Pangandaran, malah menjadi sebuah kendala dalam hal kebersihan. ”Dulu pantai selalu bersih, beda jauh dengan sekarang,” ujar Indra.
 
"Awalnya petugas kebersihan di Pantai Madasari ada 8 orang, tetapi saat ini jumlahnya hanya 3 orang. ”Kemudian upahnya juga telat,” kata Indra Rabu, 3 Juni 2024.
 
Menurut dia, petugas kebersihan di Pantai Madasari jadi tidak semangat dalam bertugas karena keterlambatan upah tersebut. 
 
”Kalau dulu saat masih dikelola sama Bumdes, selalu on time dibayarnya,” jelasnya.
 
Menurut dia, upah untuk petugas kebersihan di Pantai Madasari juga lebih besar saat dikelola Bumdes. ”Kalau dulu sampai Rp 2 jutaan, sekarang mah Rp 1 juta lebih katanya,” ucapnya.
 
Kondisi pantai yang kotor, menurut dia, bisa berdampak pada kunjungan wisatawan. ”Sangat Pak (berdampak, Red), apalagi harga tiket naik yang awalnya Rp 30 ribu per kendaraan, saat masih dikelola Pemdes, sekarang Rp 15 ribu per orangnya,” tuturnya.
 
Pihaknya akan melakukan audiensi kepada dinas terkait untuk membahas soal kebersihan Pantai Madasari. 
 
”Karena sampai saat ini saya belum mendengar koordinasi baik pihak desa dengan LH atau Dinas Pariwisata, terkait pengelolaan Pantai Madasari,” jelasnya.

​​​​​​







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini