Penataan Ulang Pantai Batukaras dan Pangandaran untuk Tingkatkan Daya Tarik Wisata


Penataan Ulang Pantai Batukaras dan Pangandaran untuk Tingkatkan Daya Tarik Wisata

PANGANDARAN - Pemerintah Kabupaten Pangandaran terus berupaya meningkatkan daya tarik wisata di wilayahnya dengan menata ulang Pantai Pangandaran dan Pantai Batukaras pada pertengahan tahun 2024. Program penataan ulang ini bertujuan untuk membuat kawasan tersebut lebih nyaman dan menarik bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

 
Kepala Bidang Tata Kelola Destinasi dan Infrastruktur Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran, Dedi Heryadi, membenarkan peenataan dua tempat kawasan pantai di Pangandaran akan dimulai tahun ini.
 
"InsyaAllah mulai bulan Juli 2024 ini," ujar Dedi. Rabu, 3 Juli 2024.
 
Dedi pun membenarkan bahwa sumber anggaran berasal dari APBD Provinsi Jabar.
 
Adapun besar anggaran yang disiapkan adalah sekitar Rp63,5 miliar.
 
Anggaran Rp63,5 miliar tersebut bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat tahun 2024.
 
Pada laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Jabar, pagu pembangunan penataan Pantai Barat Pangandaran adalah senilai Rp29.285.000.000.
 
Pengerjaan proyek tersebut memasuki proses penandatanganan kontrak dan untuk tender dimenangkan oleh PT Samudera Anugrah Indah Permai. 
 
Kemudian penataan Pantai Batukaras menggunakan pagu anggaran sebesar Rp 34.285.000.000 dan tender dimenangkan oleh PT Samudera Anugrah Indah Permai. 
 
Sementara waktu pelaksanaan untuk kedua obyek wisata tersebut terhitung sejak terbit Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) dan dikerjakan selama 180 hari. 
 
Saat ini progres pembangunannya masih dalam tahap pengukuran.
 
"InsyaAllah, untuk alat berat juga sudah mulai diturunkan sekarang," ucap Dedi.
 
Melalui penataan ini, nantinya dibangun perbaikan pedestrian di sepanjang Pantai Pangandaran. Kemudian, perbaikan trotoar dan taman di pinggir jalan wisata. Sementara Pantai Batukaras, saat ini masih diukur ulang. 
 
"Untuk penataannya, itu masih sama dengan Pantai Pangandaran. Hanya pinggir pantai saja," kata Dedi. 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini