Upaya untuk Mempertahankan Kehidupan Laut di Pangandaran


Upaya untuk Mempertahankan Kehidupan Laut di Pangandaran
Proses pembersihan sampah terselip di terumbu karang laut Pangandaran (Foto: Istimewa)

MYPANGANDARAN.COM - Di balik keindahan alam pantai Pangandaran, tersembunyi terumbu karang yang tercemar oleh sampah-sampah. Keadaan tersebut terjadi di pantai Pangandaran dan Batukaras.

Pantai Pangandaran dan Batukaras merupakan wilayah yang penting bagi kehidupan terumbu karang. Meskipun hanya sepertiga dari wilayahnya yang masih terjaga, para penggemar alam di daerah wisata ini terus melakukan upaya transplantasi dan membersihkan terumbu karang.


Untuk menjaga kelestarian ekosistem laut, terutama terumbu karang, Pangandaran Dive Club (PDC) dan para pecinta lingkungan laut bergotong-royong membersihkan sampah yang menempel di terumbu karang.


Pembersihan sampah dilakukan di Pantai Batukaras, sekitar 1000 meter dari bibir pantai, melibatkan 10 penyelam dari PDC.

Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pembersihan ini termasuk Tagana, Basarnas, Balawista, Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DKPKP) Kabupaten Pangandaran, Unpad PSDKU Pangandaran, Pandu Laut Nasional, dan Rukun Nelayan.


"Ada 10 penyelam yang terlibat dari PDC yang membantu membersihkan terumbu karang dari berbagai material pencemar laut atau sampah," kata Ketua PDC Kabupaten Pangandaran, Adnan sebagaimana dilansir dari laman detikCom.

Dia menyatakan bahwa mereka bersama pecinta lingkungan berusaha membersihkan sampah yang menempel di terumbu karang Pantai Batukaras untuk menjaga habitat dan pelestarian terumbu karang di wilayah Kabupaten Pangandaran.


Hasil pembersihan terumbu karang termasuk jaring nelayan yang diyakini sudah berusia belasan tahun.

Selain itu, Adnan juga menyayangkan kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga terumbu karang sebagai rumah bagi berbagai jenis ikan.


Dia berharap pemerintah daerah memprioritaskan kelestarian alam laut dalam menjaga keindahan bawah laut, bukan hanya daratan.

"Pangandaran merupakan Kabupaten Pariwisata makanya kita harus bisa menjaga Terumbu Karang dan biota laut lainnya," tambahnya.


Kegiatan ini tidak hanya untuk menjaga kebersihan pantai, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai atau laut agar pantai tetap bersih, indah, dan lestari.

"Salah satu kawasan yang terganggu dengan adanya sampah adalah laut, karena sangat membahayakan khususnya mengancam biota laut yang hidup di dalamnya," katanya.


Setelah membersihkan terumbu karang di Pantai Batukaras, kegiatan ini akan dilanjutkan di Pantai Pangandaran.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini