Keren! Bumdes Paledah Kab Pangandaran Sulap Sawah Banjir Jadi Wisata Air


Keren! Bumdes Paledah Kab Pangandaran Sulap Sawah Banjir Jadi Wisata Air

Padaherang, mypangandaran.com - Sawah langganan banjir akibat luapan sungai Citanduy dan Ciseel  di Desa Paledah Kecamatan Padaherang disulap menjadi arena objek wisata air dengan menghadirkan permainan bebek gowes oleh pemerintah desa setempat. 

Sarana rekreasi air ini baru di buka dua hari yang lalu, dan
disambut gembira oleh masyarakat setempat, warga tampak antusias terlihat ngantri bergantian menggunakan wahana permainan bebek gowes tersebut.

Kepala Desa Paledah Sano mengatakan, bahwa wahana permainan bebek gowes di lokasi banjir ini dikelola oleh lembaga Desa yakni Bumdes.

"Permainan bebek gowes ini baru launching tadi sore, kecil-kecilan lah, untuk manfaatkan lokasi yang selalu banjir saja agar ada nilai tambah bagi masyarakat sekitar," kata Sano kepada wartawan Selasa, (20/4/2021).

Lebih lanjut Sano menambahkan, dengan memanfaatkan banjir ini mudah-mudahan masyarakat jadi terhibur juga perekonomian warga sekitar akan bangkit, karena selalu ramai sudah banyak yang berjualan disekitar lokasi tersebut.

"Kita lihat dulu perkembangannya sambil mengupayakan potensi apa lagi yang bisa dikembangkan kedepannya," pungkas Sano.

Sementara ketua Bumdes Desa Paledah Ahmad Riyad mengatakan, pihaknya ingin memanfaatkan lokasi yang selalu banjir belum ada solusinya dari tahun ke tahun, maka dimanfaatkan dengan menyiapkan wahana bebek gowes sambil ngabuburit hari ini masih gratis untuk masyarakat Desa Paledah, dan bagi yang luar daerah dikenai tarif Rp. 10.000,-.

"Mulai besok jasa sewanya diberlakukan untuk semua orang yakni sebesar Rp. 10.000,- per lima belas menit,"kata Ahmad Riyad

Masih dikatakan Ahmad Riyad, naik wahana bebek gowes sambil ngabuburit ini bukan disaat bulan Ramadhan saja, akan tetapi kedepan akan terus berlanjut.

"Jumlah bebek gowes kita sudah siapkan 10 unit, tapi saat ini baru ada 8 unit, 2 lagi masih dalam proses produksi,"jelas Ahmad Riyad

Ahmad Riyad mengatakan, untuk saat ini memanfaatkan lokasi banjir dahulu, kedepan ada wacana pembangunan embung, mudah-mudahan bisa berlanjut dan lebih berkembang lagi.

"Apabila prospeknya menguntungkan kita akan kembangkan lagi dengan sarana pelengkap lainnya,"pungkasnya. (amin/mypnd).







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini