FOTO: Melihat Lebih Dekat Goa Jepang Pangandaran


FOTO: Melihat Lebih Dekat Goa Jepang Pangandaran

Pangandaran, Keberadaan Bunker Jepang atau yang dikenal dengan sebutan Goa Jepang oleh orang Pangandaran menjadi bukti bahwa Pangandaran pernah menjadi salah satu pangkalan tentara Jepang di Indonesia untuk menghalau serangan sekutu yang datang dari Samudera  Hindia melalui Pantai Selatan Jawa. 

Kutep pemandu Cagar Alam menjelaskan bahwa Goa Jepang ini salah satu bukti sejarah yang masih ada di Pangandaran dan dulunya banyak orang Jepang yang berada di Pangandaran.

"Goa Jepang Pangandaran yang dijadikan tempat persembunyian memiliki panjang 25 meter. Goa ini jadi salah satu lokasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Cagar Alam Pangandaran," ujar Kutep.   

“Banyak wisatawan yang datang khusus untuk berfoto di dalam ada juga yang foto-foto di luar, di mulut goanya,” kata Kutep.

Pembangunan Goa Jepang di Pangandaran dimulai pada tahun 1943, di bangun di atas bukit ada tiga bungker ( tersebar di Bukit Cagar Alam, Bukit Pasir Putih dan Bukit Badeto Ratu ) sehingga sangat strategis untuk mengintai kedatangan musuh dari bibir pantai.

Selain Goa, sistem pertahanan Jepang di Pangandaran ini dilengkapi juga dengan ceruk - ceruk dan parit yang saling terhubung satu sama lainnya.

Di dalam Goa Jepang ada beberapa ruangan, seperti ruangan penyiksaan, ruangan tahanan dengan tanda bekas terali besi, ruangan bawah tanah dan lorong rahasia dengan dua jalan rahasia tembus ke atas bukit yang sudah ada parit-parit sebagai benteng pertahanan.
 

 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini