Jadi Sorotan! Camat Sidamulih Pangandaran Ikut Orasi Demo Tanjung Cemara, Ini Klarifikasinya


Jadi Sorotan! Camat Sidamulih Pangandaran Ikut Orasi  Demo Tanjung Cemara, Ini Klarifikasinya

Pangandaran, mypangandaran.com- Camat Sidamulih, Megi Parlumi menjadi pusat perhatian setelah terlihat ikut serta dalam orasi demo yang menuntut penyelesaian sengketa tanah di kawasan Tanjung Cemara, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Aksi demo yang digelar pada hari Minggu (28/7/24) tersebut dihadiri oleh ratusan warga.

 
Namun, kehadiran Camat Sidamulih dalam aksi tersebut menimbulkan beragam reaksi. Beberapa pihak menilai tindakannya tidak sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai pejabat pemerintah. Menanggapi hal ini, Megi Parlumi memberikan klarifikasi.
 
Megi mengatakan, jika tindakan dirinya dinilai tidak etis oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), itu sudah menjadi hak dan kewenangan dalam konteks pembinaan pegawai. 
 
”Sebagai bawahan saya siap salah saja, namun tentu banyak faktor yang saya pertimbangkan juga sebelum saya melakukan itu (orasi, Red),” katanya, Selasa, 30 Juli 2024.
 
Megi mengatakan, aksi orasi tersebut semata agar masyarakat yakin bahwa Pemerintah Daerah Pangandaran mendukung masyarakat Desa Sukaresik. 
 
”Intinya, jika merujuk pada ketentuan pasal 5 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS, yang memuat terkait larangan yg dilakukan oleh PNS, maka tidak ada satu pun ketentuan yang saya langgar,” ucapnya.
 
Justru, lanjut dia, sebagai pejabat publik yang tugas utamanya adalah melayani masyarakat, maka dirinya sebagai PNS dilarang merugikan orang atau masyarakat yang dia layani. 
 
”Terkait sikap saya pada saat aksi unjuk rasa hari Minggu kemarin, apa yang saya lakukan didasari atas hal tersebut di atas,” katanya.
 
Masyarakat Desa Sukaresik, lanjutnya, membutuhkan dukungan dan pelayanan dirinya selaku camat. ”Sehingga atas hal itu masyarakat merasa terpenuhi kebutuhan afeksinya dan hasilnya masyarakat bisa bersikap tertib, tidak anarkis, karena merasa didengarkan aspirasi dan keluhannya,” ucapnya.
 
Wawancara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pangandaran Wawan Kustaman tidak berbicara banyak mengenai hal tersebut. 
 
”Kalau kemarin Pak Sekda yang akan memanggil, gak tahu sudah atau belum,” ujarnya.
 
Ia mengatakan, bahwa BKPSDM hanya ikut arahan dari pimpinan, dalam hal ini Sekda Pangandaran. ”Ya nanti kan ada tim,” singkatnya. 
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Viral Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini