Pembentukan Kabupaten Tunggu Surat Presiden


Pembentukan Kabupaten Tunggu Surat Presiden

Pangandaran,myPangandaran.com-Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan secepatnya memberikan rekomendasi kepada presiden agar pembentukan Kabupaten Pangandaran segera terwujud.Rencana itu terungkap dalam pertemuan anggota DPD RI dengan perwakilan masyarakat dari 10 kecamatan --yang bakal masuk ke Kabupaten Pangandaran-- di Sentral Terminal Agribisnis Parigi, kemarin.

Anggota DPD yang hadir adalah H Mohamad Surya, Hj Ela M Giri Komala, KH Sofyan Yahya dan H Amang Safrudin. Pengurus Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran, perwakilan anggota DPRD Kabupaten Ciamis, aparat pemerintah 10 kecamatan dan pemerintah desa juga tampak hadir dalam pertemuan singkat itu.

Hj Ela M Giri Komala, mengatakan kedatangannya ke Pangandaran merupakan bentuk tanggung jawab terhadap warga Pangandaran. Mengingat aspirasi warga Ciamis selatan untuk membentuk daerah otonom sudah disuarakan sejak lama.“Aspirasi warga Pangandaran tentunya harus diperjuangkan, mengingat kesejahteraan rakyat menjadi tujuan utamanya. Mudah-mudahan (Kabupaten Pangandaran) bisa secepatnya terwujud,” ungkapnya.

DPD RI, lanjut dia, akan menjalankan fungsinya dalam pembentukan undang-undang, yaitu sebagai fungsi pengawasan dan fungsi pertimbangan.Sementara H Amang Safrudin menegaskan persyaratan administrasi calon kabupaten sudah lengkap. Informasi tersebut ia dapatkan dari DPR RI.“Saya sempat tanyakan ke DPR, bahkan tadi pagi (kemarin, red) saya telepon kembali, bagaimana kelengkapan Pangandaran? DPR menjawab semuanya sudah selesai tinggal mengunggu supres (surat presiden),” ungkapnya.

Malahan, sambung dia, DPR sudah menitipkan kepada DPD untuk mengawal dengan sungguh-sungguh setelah Pangandaran menjadi kabupaten.Dalam forum dialog dengan warga, DPD menilai keinginan Pangandaran membentuk daerah otonom, benar-benar muncul dari aspirasi warga, bukan karena kepentingan kelompok tertentu. Seperti ditegaskan H Mohammad Surya usai gelar dialog. “Ini memang suara rakyat yang harus diperjuangkan demi kesejahteraan ke depan. Seandainya DPD diberi kewenangan membuat undang-undang, Kabupaten Pangandaran yang memang sudah layak, secepatnya bisa terwujud,” ungkapnya.

Setelah melakukan kunjungan, kata dia, secepatnya DPD akan memberikan rekomdasi kepada presiden terkait pembentukan Kabupaten Pangandaran. “Kita akan sampaikan apa yang kita dengar sekarang (kemarin) kepada beliau (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono),” kata dia.
Sementara itu, warga Ciamis selatan berharap kunjungan DPD bisa memberikan harapan baru terkait pembentukan Kabupaten Pangandaran. “Keinginan menjadi kabupaten bukan keinginan sekelompok orang tetapi keinginan seluruh masyarakat Ciamis selatan,” ujar Atang, salah seorang warga Pangandaran diamini tokoh masyarakat lainnya.

“Kami ingin menjadikan daerah kami lebih baik dan lebih maju. Karena itu kepada Bapak Ibu DPD kami mohon sampaikan aspirasi kami ke bapak presiden agar cita-cita kami bisa terwujud,” tegasnya

Sumber RadarTasikmalaya







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Politik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini