Tim Kecil Diminta Ekspos Hasil Kajian


Pangandaran,myPangandaran.com-

Ketua Presidium Pemekaran Ciamis Selatan, Supratman, meminta tim kecil agar mengekspos hasil kajiannya kepada seluruh pihak terkait. Berdasarkan kajian tim itu, 10 kecamatan di Ciamis selatan memenuhi syarat untuk membentuk daerah otonom, terpisah dari Kab. Ciamis.


"Kami sudah mendengar hasil kajian tim kecil bahwa pembentukan Ciamis selatan sudah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam PP tahun 2007. Namun, hasil kajian itu harus dipaparkan atau diekspos secara resmi. Jadi, yang berhak mengumumkan secara resmi adalah tim kecil itu sendiri," kata Supratman kepada "PR", Minggu (14/12).


Ia menilai, dengan adanya ekspos itu, hasil penelitian yang dilakukan tim kecil itu juga dapat dipertanggungjawabkan. "Ekspos serupa juga dilakukan tim sebelumnya. Tim yang menggunakan data BPS 2006 sebagai acuan penelitiannya itu menyatakan secara ekonomi, Ciamis selatan belum memenuhi syarat menjadi daerah otonom," ungkapnya.


Menurut Supratman, pemekaran Ciamis selatan akan berdampak positif tidak hanya bagi daerah yang dimekarkan, namun juga kabupaten induknya. "Wilayah Ciamis terlalu luas, sehingga roda pembangunan di daerah yang jauh dari ibu kota, tidak berjalan optimal," ucapnya.



Seperti diberitakan sebelumnya, hasil kajian yang dilakukan tim kecil yang beranggotakan Sukomo, kandidat doktor dari Unigal dan Iin, staf BPS Ciamis, menyatakan, berdasarkan hasil kajian dengan data BPS 2007, pemekaran wilayah Ciamis selatan sudah memenuhi syarat. Pasalnya, berdasarkan perhitungan dari sisi perekonomian, sektor yang diperoleh sebesar 60, sesuai dengan batas minimal. Sedangkan penelitian yang dilakukan tim Unpad yang memakai data BPS tahun 2006 hanya menghasilkan poin 55. (A-101)

Sumber: Pikiran Rakyat







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Politik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini