Tingkatkan Partisipasi Pilkada 2020, Bawaslu Pangandaran Lakukan Sosialisasi


Tingkatkan Partisipasi Pilkada 2020, Bawaslu Pangandaran Lakukan Sosialisasi

Pangandaran, mypangandaran.com - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pangandaran melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada berbagai organisasi masyarakat, Organisasi kepemudaan (OKP), serta kader pengawasan partisipatif di Aula Hotel Sunrise, pada siang tadi, (23/11/2019).

 
Bawaslu Pangandaran mensosialisasikan pengawasan partisipatif terkait juga kewajiban untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam fungsi pengawasan terhadap potensi adanya pelanggan pemilu khususnya pada pilkada serentak 23 September 2020.
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan menyampaikan bahwa pencegahan terhadap pelanggan pemilu tidak dapat dilakukan hanya oleh Bawaslu, namun diharapkan masyarakat dapat terlibat langsung dalam proses pengawasan dan ketika ada pelanggaran akan ada tindakan dari Bawaslu.
 
“Kami berharap, masyarakat bisa terlibat langsung dalam pengawasan pilkada 2020,” ungkapnya.
 
Masih dikatakan Iwan, “Kegiatan ini adalah bentuk pencegahan, karena salah satu tugas kami adalah melakukan upaya pencegahan, Setelah kami melakukan pencegahan dan masih terjadi pelanggaran maka kami akan melakukan penindakan,” jelsanya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Komisioner Bawaslu Jawa Barat Yulianto, menyampaikan sebanyak 30 kader akan diterjunkan langsung pada pemilihan kepala daerah tahun depan tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Pangandaran.
 
"Tujuan dari kegiatan ini salah satunya mendengarkan apa sih yang terjadi di masyarakat sebenarnya. Kabupaten pangandaran meskipun paling muda, layak dan patut menjadi kabupaten yang baik," ujar Yulianto.
 
Disamping itu Bawaslu juga membuka partisipasi warga dan telah membuka aduan sengketa pada portal website dengan disebut SIPS atau sistem informasi penyelesaian sengketa dengan link www.sips.bawaslu.go.id/user/create-permohonan, yang akan menampung dan mengawal aduan sengketa untuk diteruskan ke Bawaslu pusat dan ditindak lanjuti.
 
Mari sukseskan pemilu sesuai tagline Bawaslu "Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tingkatkan keadilan pemilu".
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Politik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini