Yuks Kenali Lima Jenis Surat Suara Pemilu Serentak 2019


Yuks Kenali Lima Jenis Surat Suara Pemilu Serentak 2019

Pangandaran, mypangandaran.com - Pemungutan suara Pemilu 2019 akan digelar secara serentak hari ini (17/04/2019) Rincian Pemilu 2019 terdiri dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Nantinya pemilih akan diberikan lima jenis surat suara, Pertama surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden diberi tanda dengan warna abu-abu. Dalam surat suara ini, ditampilkan foto masing-masing kandidat, nama, nomor urut, serta di bawahnya tertera logo partai pengusung paslon.

Sementara, surat suara DPR RI dengan tanda warna kuning. Dalam surat suara ini terdapat 16 kotak kolom logo partai politik peserta Pemilu 2019 beserta nomor urutnya. Setiap 16 kotak ini menyertakan 10 nama calon anggota legislatif atau caleg dari partai politik dengan nomor urutnya.

Selanjutnya, surat suara untuk DPD RI memiliki ciri dengan warna merah. Surat suara DPD ini juga punya ukuran besar seperti surat suara DPR. Dalam surat suara DPD ini terdapat nomor urut dan foto calon anggota DPD perwakilan daerahnya masing-masing.

Kemudian, ada surat suara untuk DPRD tingkat provinsi yang memiliki warna biru. Surat suara ini hampir sama dengan surat suara DPR RI. Ada logo partai, nama caleg, dan nomor urut caleg. Ukurannya pun sama dengan surat suara DPR RI, serta DPD RI.

Surat suara kelima adalah untuk DPRD tingkat Kabupaten/Kota yang memiliki tanda hijau. Hampir sama dengan surat suara DPR RI dan DPRD tingkat kabupaten. Surat suara ini terdapat logo partai disertai nomor urut dan nama caleg.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Politik Lainnya