Berburu Takjil di PPI Cikidang Pangandaran, Eh Nemu Ini


Berburu Takjil di PPI Cikidang Pangandaran, Eh Nemu Ini

Pangandaran, mypangandaran.com - Saat orang-orang lagi ramai berburu takjil, saya malah tertuju ke salah satu pedagang dengan bunyi khas tok-tok-tok-tok-tok.

Seorang pedagang duduk di depan baskom berisi air di antara deretan penjual takjil, Rasidin (31) pria asal Desa Babakan Kecamatan Pangandaran tersebut menjajakan kapal otok-otok di depan pelelangan ikan PPI Cikidang Desa Babakan, Kabupaten Pangandaran.

Meski aneka mainan modern jaman sekarang terus bermunculan, kapal otok-otok masih memiliki daya tarik bagi anak-anak.  

Kapal otok-otok merupakan salah satu kerajinan tradisional yang sudah jarang kita temui, Rasidin pedagang kapal otok-otok biasa mangkal di beberapa tempat keramaian seperti sepanjang pantai barat Pangandaran, tetapi saat bulan puasa Rasidin berjualan di PPI Cikidang.

Rasidin mengatakan kapal otok-otok, mainan tradisional ini, ia peroleh dari Cirebon. "Ini saya bawa dari sana langsung dari Cirebon untuk dijual di Pangandaran," ujar Rasidin.

Kata Rasidin kelebihan kapal otok-otok tersebut menggunakan kapas dibaluri minyak kelapa. Lalu dibakar sebagai motor penggerak. Maka, kapal otok-otok pun berkeliling baskom dengan bunyi otok-otok.

"Kebetulan di sini lagi ramai orang berburu takjil. Saya coba untuk buka lapak kapal otok-otok. Alhamdulillah lumayan ada saja yang beli,” ucapnya.

Untuk harga satu kapal otok-otok Rasidin menjual mulai dari Rp10 ribu sampai 15 ribu. Harga imbuhnya tergantung ukuran kapal otok-otok itu sendiri. Ia pun telah membawa baskom berisi air, setiap ada yang beli maka akan dites dengan menjalankannya di baskom setelah bahan bakar disediakan.(*)
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pernik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini