Rumah Korban Diare Bersih


Rumah Korban Diare Bersih

Sidamulih, myPangandaran.com - Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis bersama petugas Puskesmas Cikembulan mengamati lingkungan di sekitar tempat tinggal Tarsim (39), warga Dusun Cikangkung RT 01/03 Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih, kemarin.
Seperti diberitakan Oleh Kami(red), Tarsim bersama istrinya, Ade (45) dan anak keduanya, Damar (4) dilarikan ke Puskesmas Pangandaran karena menderita gejala diare seperti mual, muntah disertai buang air besar.

“Kami melakukan pengamatan langsung di rumah korban dan lingkungan sekitarnya. Secara umum kondisi tempat tinggal Pak Tarsim bersih, sumber air juga sudah memenuhi standar kesehatan,” ungkap Kepala Puskesmas Cikembulan Hamlan kepada Radar, kemarin.
Usai mengamati lingkungan Dusun Cikangkung, TGC tidak ditemukan korban terindikasi diare lain. “Memang beberapa hari ke belakang ada tetangga Pak Tarsim yang sakit demam dan nyeri tulang sendi namun tidak disertai muntah dan berak. Sekarang semuanya sudah sehat,” tuturya.

Kepala Seksi Pengendalian Pemberantasan dan Penanggulangan Penyakit serta Bencana (P4B) Dinkes Ciamis Osep Hernandi menambahkan selain mengamati korban diare, TGC memberikan penyuluhan dan pemahaman tentang diare kepada masyarakat sekitar. “Kami mencoba memberikan rasa tenang kepada warga sekitar, karena kejadian diare ini bukan kejadian luar bisa,” jelas dia.
Hasil pemeriksaan medis, kata dia, Tarsim dan istrinya mengalami gastroenteritis atau peradangan pada lambung dan usus yang memberikan gejala diare disertai muntah. Sementara Damar mengalami febris (demam tinggi).

Gejala yang dialami Tarsim dan Ade, awalnya sama yaitu demam tinggi namun kejadiannya tidak bersamaan. Karena itu diare yang dialami keduanya bukan diare murni. “Cuaca saat ini sedang tidak baik, sementara kondisi tubuh keduanya sedang menurun, sehingga rentan terserang penyakit terutama dari makanan yang dikonsumsi,” terangnya.

Karena itu, sambung dia, Dinkes Ciamis mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan kebersihan lingkungan dan makanan. Perubahan cuaca saat ini, kata dia, sangat rentan dengan penyebaran penyakit terutama diare dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).
Pantauan Kami(red), saat ini kondisi Tarsim dan Ade sudah membaik bahkan diperbolehkan pulang dari puskesmas. Sementara Damar masih dalam perawatan meskipun kondisinya terus membaik.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini