Jumlah Wisman Diprediksi Turun


Jumlah Wisman Diprediksi Turun

Pangandaran,myPangandaran.com-Bulan Juni hingga Agustus biasanya merupakan waktu berlibur bagi wisatawan mancanegara (wisman). Namun hingga saat ini belum terjadi peningkatan pengunjungan ke Pangandaran. Pelaku wisata memprediksi hal itu karena ada perhelatan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Public Relation Hotel Grand Mutiara Suzan Garza mengatakan tingkat reservasi kamar masih standar, seperti bulan-bulan sebelumnya. “Memang ada yang sudah pesan kamar tapi belum banyak, masih sekitar 30 persen,” ungkapnya.Kemungkinan, sambung dia, tahun ini kunjungan wisatawan mancanegara akan mengalami penurunan karena momen Piala Dunia. “Bulan sekarang biasanya turis mulai banyak tapi kali ini biasa saja, seperti bulan-bulan sebelumnya, mungkin lebih tertarik nonton bola kali yah,” terangnya kemarin.

Menurutnya, tingkat kunjungan wisatawan asing diperkirakan akan mengalami kenaikan sekitar akhir Juli hingga bulan Agustus mendatang, setelah masa liburan wisatawan domestik selesai.“Saya kira untuk bulan sekarang (Juni), wisatawan asing tidak akan terlalu banyak, justru kemungkinan wisatawan domestik yang akan melonjak, terutama saat akhir bulan nanti bertepatan dengan pergantian tahun ajaran sekolah,” ujar perempuan muda yang pernah tinggal di Amerika, Singapur dan Malaysia itu.

“Informasi yang saya dapat dari teman-teman chatting di internet seperti itu, kadang mereka nanya kapan musim liburan di sana, mereka cenderung mencari momen yang tidak terlalu ramai,” paparnya. Hal yang sama diutarakan Iwa (36), pemandu yang kerap membawa wisatawan mancanegara berkeliling menikmati keindahan alam dan keunikan budaya di Pangandaran.

Menurutnya, saat ini kunjungan wisatawan asing cenderung menurun dibanding dengan tahun lalu. “Seharusnya memang bulan sekarang (Juni) wisatawan asing sudah mulai meningkat, tapi sekarang masih sepi,” tuturnya.Pengelola restoran juga menceritakan hal yang sama. “Belum ada peningkatan wisatawan asing, masih biasa saja seperti bulan-bulan sebelumnya,” ungkap Feri, pemilik Eka Bamboo Café & Resto di kawasan Pantai Barat.

Data dari UPTD Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) juga menunjukkan hal yang sama. Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara masih seperti bulan-bulan sebelumnya. Di bulan Juni --hingga kemarin sore-- jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Pangandaran hanya 146 orang. “Belum ada peningkatan, kebanyakan wisatawan asing itu dibawa sama biro perjalanan wisata, untuk perorangan paling satu dua orang saja tiap hari. Itu pun keluar masuk karena mereka paling tinggal hanya dua tiga hari saja, jarang sekali yang berminggu-minggu,” kata Kepala UPTD Budpar Pangandaran Endang Sukirna.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini