Tim Penilai Lomba Desa Disambut Upacara Adat


Tim Penilai Lomba Desa Disambut Upacara Adat

Sidamulih, myPangandaran.com - WARGA dan Pemerintah Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih menyambut tim penilai lomba desa tahun 2010 dengan acara cukup meriah. Tim penilai yang dipimpin Sekretaris BKBPM Kabupaten Ciamis Drs H Dodon Ridiana MSi disambut upacara adat dan trandisi nutu (menumbuk padi menggunakan alat tradisional) di bale desa setempat.

Kepala Desa Cikalong Maman Suparman mengatakan warga Ciokong merasa bangga bisa mengikuti lomba desa tahun ini. “Masuk ke dalam 16 desa terbaik merupakan kebanggaan bagi kami. Alhamdulillah dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, kami selaku pemerintah desa dan warga Cikalong bisa menyambut tim penilai yang berkenan hadir ke desa kami,” ungkapnya.

Disamping upacara adat, warga menampilkan degung, ki lengser, aktraksi tradisi nutu juga stan makanan tradisional dan hasil bumi. Seperti beras, sayuran dan kelapa yang merupakan komoditi unggulan warga Cikalong.Ketua Tim Penilai Dodon Ridiana mengatakan tim penilai akan menilai delapan indikator utama dan satu indikator penunjang. “Tim kami terdiri dari tujuh orang, nantinya kami bagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok akan mencari data dan informasi untuk bahan penilaian sesuai bidang dan keahlian narasumber,” tutur dia.

Kelompok satu (Yuceu Subarjo dan Mamat) akan menilai orbitasi, data penduduk, pendidikan dan ekonomi masyarakat. Kelompok dua (Mamay dan Dedi A Riswandi) menilai data kesehatan masyarakat dan PKK. Kelompok tiga (Ramlan) menilai bidang pemerintahan, keamanan dan ketertiban. Kelompok empat (H Lili Suherli) menilai bidang lembaga kemasyarakatan dan partisipasi masyarakat.Kemarin, tim penilai menyempatkan diri mengunjungi balai posyandu, rumah percontohan dan lumbung padi yang masih banyak ditemukan di Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih.

Dilihat dari hasil observasi, kata Dodon, Desa Cikalong termasuk dalam kategori desa yang baik. “Insya Allah kami akan menilai apa adanya, sesuai yang kami lihat, yang kami temukan dengan sebenar-benarnya,” imbuh dia.Dia berharap lomba desa tahun ini bisa menjadi motivator bagi warga dan pemerintah desa. “Mudah-mudahan semua yang dinilai baik ini, bukan hanya secara seremonialnya, namun mampu memberi kontribusi pada peningkatan taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan,” tegasnya

Sumber: RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini