Fenomena Ubur-Ubur Biru di Pantai Pangandaran


Fenomena Ubur-Ubur Biru di Pantai Pangandaran

PANGANDARAN - Fenomena alam yang jarang terjadi sedang berlangsung di Pantai Pangandaran, di mana germbolan ubur-ubur biru terlihat muncul di pesisir pantai timur Pangandaran. Selasa (16/8/24).

 
Menurut laporan dari Badan Penyelamat Pantai Pangandaran, spesies ubur-ubur biru ini dikenal dengan nama *Physalia physalis*, atau lebih dikenal dengan nama "Blue Bottle" atau "Portuguese Man O' War". Meskipun tampak indah dengan warna biru menyala, ubur-ubur ini memiliki tentakel yang mengandung racun kuat dan dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat jika tersentuh.
 
Anggota Balawista Kab Pangandaran Liano mengatakan, khusus untuk di Pantai Barat Pangandaran belum ditemukan kemunculan ubur-ubur biru atau disebut ubur-ubur botol.
 
"Yang saya tahu, kemunculan ubur-ubur biru itu terjadi di Pantai Batu Hiu dan Pantai Batukaras," ujar Liano.
 
Sebenarnya kata Liano, kalau tersentuh bagian tubuh ubur-ubur biru itu tidak berbahaya, karena yang menyengat itu pada bagian kaki yang terurai panjang dibagian bawahnya.
 
Liyano mengatakan bagi mereka yang tidak sengaja tersengat ubur-ubur biru, disarankan untuk segera mencuci area yang terkena dengan air laut dan menghindari penggunaan air tawar, yang dapat memperparah rasa sakit. Selain itu, korban harus segera mencari bantuan medis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
 
Sementara ditempat berbeda Kasat Polairud Polres Pangandaran Iptu Anang Tri, bahwa fenomena kemunculan ubur-ubur ini biasa terjadi setahun sekali di perairan Pantai Pangandaran. Sama halnya yang terjadi di Pantai Batukaras Cijulang saat ini.
 
"Biasanya saat cuaca dingin seperti ini, ubur-ubur tersebut migrasi dan muncul ke pinggir pantai," ujar Anang, Selasa (16/7/2024).
 
Ia pun mengimbau kepada warga maupun pengunjung wisata yang tengah melakukan aktivitas berenang di pantai agar berhati-hati. Pasalnya, kata dia, apabila tersentuh oleh ubur-ubur tersebut bisa berakibat terjadinya iritasi pada kulit.
 
"Karena ubur-ubur itu bisa menyegat dan bisa menimbulkan gatal-gatal pada kulit," ujarnya.
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini