Jerman Bantu Menata Pangandaran


Pangandaran,myPangandaran.com-Pemerintah Jerman melalui United Nation World Tourism Organization (UNWTO), membantu menata sejumlah objek wisata di di Kab. Ciamis .  Selain memiliki potensi wisata, kawasan Pangandaran sebagai salah satu objek tujuan wisata, juga memiliki potensi seni budaya dan kekayaan alam hayati.

“Kita sangat beruntung mendapat bantuan dari pemerintah Jerman untuk menata kawasan wisata Pangandaran. Karena hanya Indonesia (Jawa Barat)  dan Thailand yang dijadikan pilot projek untuk program UNWTO ini,” ujar  Sekjen Departemen Kebudayaan dan Parwisata (Depbudpar RI) Drs. Wardiyatmo, M.Si.

Program yang dilaksanakan sendiri menurut Wardiyatmo,  sebenarnya sudah dilaksanakan sejak tahun 2006 dan merupakan tindaklanjut dari program recovery pasca stunami.  Dipilihnya Pangandaran dan sejumlah objek wisata lain, dengan pertimbangan memiliki objek wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan, juga memiliki kekayaan seni budaya serta kekayaan hayati.

Saat ini menurut Wardiyatmo, upaya sosialisasi dan meraih dukungan masyarakat terus dilakukan melalui  berbagai upaya pendekatan.   Upaya yang dilakukan baru membuahkan hasil memasuki tahun ke dua  dengan dibentuknya Tourism Developmen on Supporting Biodiversity yang melibatkan masyarakat sekitar.

Kegiatan yang mengadopsi pedoman konvensi keanekaragaman hayati yang diterbitkan United Nation for Environmental Program (UNEP). “Melalui pedoman ini kami mengaharapkan masyarakat menyadari bahwa modal dari pariwisata adalah menjaga lingkungan sekitar, karena dengan lingkungan yang rusak wisatawan jangan harap akan mau berkunjung,” ujar Wardiyatmo.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini