Jumlah Penduduk Miskin di Pangandaran Masih Tinggi


Jumlah Penduduk Miskin di Pangandaran Masih Tinggi

Pangandaran,myPangandaran.com-Jumlah penduduk miskin di Pangandaran ternyata masih cukup banyak dan rata-rata lebih dari 60 keluarga dalam setiap desanya. Data yang myPangandaran dapat dari Strategic Alliance for Poverty Alleviation (SAPA) Indonesia menunjukan jumlah penduduk miskin di Kecamatan Pangandaran seluruhnya lebih dari 500 keluarga yang tersebar di 8 Desa/kelurahan.

Indikator pengelompokan penduduk miskin ini dilihat dari penilaian rumah yang bedarkan lantai, luas dan atap serta kepemilikannya, indikator lain juga dilihat dari sanitasi dasar yang dimiliki, kemampuan daya beli, tingkat kesehatan, sumber penerangan dan bahan bakar, pendidikan kepala rumah tangga, kepemilikan aset dibawah 500.000, hingga kemampuan untuk membayar hutang.

No Nama Kelurahan Jumlah Penduduk Miskin Tahun 2008
1 WONOHARJO 101
2 PANANJUNG 60
3 PANGANDARAN 120
4 BABAKAN 158
5 SUKAHURIP 42
6 PURBAHAYU 38
7 SIDOMULYO 43
8 PAGERGUNUNG 17

Data diatas menunjukan Babakan menempati jumlah tertinggi keluarga miskin dengan total 158 penduduk miskin pada tahun 2008. Secara keseluruhan dikabupaten Ciamis, jumlah penduduk miskin sendiri turun sekitar 1% setiap tahunnya. Pada tahun 2008 sendiri Ciamis mempunyai 12% penduduk miskin.

Tingginya jumlah penduduk miskin diperkirakan banyak faktor yang menyebabkannya, mulai dari rendahnya tingkat pendidikan hingga minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia di kabupaten ciamis, dengan mayoritas penduduk sebagai petani dan nelayan yang sangat tergantung dengan alam.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pendidikan Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini