SMP Satu Atap Diprioritaskan


SMP Satu Atap Diprioritaskan

Cimerak, myPangandaran.com - Sebanyak 11 SMP Satu Atap di Kabupaten Ciamis diprioritaskan untuk mendapatkan batuan ruang kelas baru (RKB) tahun 2010. Salah satu sumber bantuan RKB untuk SMP Satu Atap adalah rencana Pemprov Jabar membantu sekitar 8.000 ruang kelas baru.

"Selama ini kegiatan belajar mengajar SMP Satu Atap masih menumpang di ruang kelas gedung SD yang menjadi SMP Satu Atap. Bila nanti sudah mendapat batuan RKB, dengan sendirinya SMP Satu Atap tersebut akan ditingkatkan menjadi SMP regular," ujar Sekretaris Disdik Ciamis, Drs H Asep Sudarman MPd  Senin (24/5).

Untuk mempercepat tuntasnya program wajar dikdas 9 tahun, Ciamis tak hanya mengandalkan SMP/MTs regular berikut SMP Terbuka dan PKBM. Tetapi tahun 2005, Ciamis membuka program SMP Satu Atap (Satap) di 11 kecamatan.

"Ini program jemput bola. Untuk desa-desa yang jaraknya ke SMP terdekat lebih dari 7 km dibuka SMP Satu Atap. Sehingga anak-anak tamatan SD atau MI di desa-desa yang kebanyakan di pelosok yang selama ini DO atau tidak melanjutkan sekolahnya karena SMP atau MTs jauh, jadi bisa melanjutkan pembicara/" target="_blank">pendidikannya ke SMP. Yakni ke SMP Satu Atap tadi. Ini salah satu solusi," jelas Asep.

Lima tahun berdiri, peminat 11 SMP Satu Atap di Ciamis ternyata cukup tinggi. Seperti SMP Satap Cigugur di Desa Cempaka, SMP Satap Jatinegara di Desa Gunasari,  SMP Satap Cipaku di Desa Sukawening hingga SMP Satap Cimerak di Desa Kertajaya.

"Semuanya ada 11 SMP Satu Atap, tiap tahun tidak pernah kekurangan siswa. Bahkan SMP Satu Atap Cipaku di Desa Sukawening di kaki Gunung Syawal jumlah siswanya mencapai 300 orang mengalahkan SMP regular," ujar Asep







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pendidikan Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini