Kegiatan Aksi Lapangan Coastal Clean Up dan Penanaman Mangrove Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat oleh Tim KKN Unpad di Desa Cijulang


Kegiatan Aksi Lapangan Coastal Clean Up dan Penanaman Mangrove Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat oleh Tim KKN Unpad di Desa Cijulang
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Padjadjaran Periode Juli-Agustus 2022 di Desa Cijulang,

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Padjadjaran Periode Juli-Agustus 2022 di Desa Cijulang, Kabupaten Pangandaran mengadakan kegiatan aksi lapangan Coastal Clean Up (CCU) dan penanaman 400 Bibit Mangrove di Desa Cijulang. Coastal Clean Up merupakan kegiatan pembersihan lingkungan pesisir pantai. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan pemahaman dan meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan guna menciptakan kehidupan yang sehat bagi diri sendiri dan bumi. Aksi ini diikuti oleh siswa SD Negeri 04 Cijulang.

Pada hari Senin (25/07/2022), mahasiswa KKN melaksanakan Coastal Clean Up (CCU) di pesisir pantai tempat pelelangan ikan (TPI) Nusawiru dan kegiatan Penanaman Mangrove dilaksanakan di Ekowisata Mangrove Nusawiru Desa Cijulang Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pak Erik Krisnayudha sebagai Inspektur Pembantu I dan Ketua Lembaga Adat Kab. Pangandaran perwakilan pengelola Mangrove Desa Cijulang, Dosen Pembimbing Lapangan Unpad, murid kelas 6 SD Negeri 04 Cijulang dan tim KKN Universitas IPB, Unpas, dan LLDIKTI.



Penanaman Mangrove dilakukan oleh Tim KKN Unpad “Drovela” 2022 dengan peserta penanaman mangrove berasal dari Tim KKN Universitas IPB, Unpas, dan LLDIKTI di Ekowisata Mangrove Nusawiru yang dibantu oleh pengelola mangrove Desa Cijulang. Kegiatan tersebut sebagai aksi lapangan guna mencegah abrasi serta melestarikan ekowisata mangrove di Desa Cijulang dan berfungsi untuk peningkatan edukasi ekowisata mangrove berkelanjutan yang berguna untuk bumi di masa depan.

Selain sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dalam pelestarian alam terutama daerah pesisir, juga kegiatan tersebut sebagai ajang mempromosikan ekowisata mangrove. Karena masih banyak potensi yang dapat dikembangkan dari ekowisata mangrove yang berada di Nusawiru, Desa Cijulang, Kabupaten Pangandaran.
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pendidikan Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini