KKN-T IPB University Libatkan PKK, Bank Sampah, dan Karang Taruna Membersihkan Sampah di Pantai Desa Legokjawa


KKN-T IPB University Libatkan PKK, Bank Sampah, dan Karang Taruna Membersihkan Sampah di Pantai Desa Legokjawa
PKK dan KKN-T IPB Desa Legokjawa yang menjalankan kegiatan pembersihan pantai

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University yang ditempatkan di Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat melibatkan masyarakat untuk melakukan kegiatan Coastal Clean Up (CCU) pada Sabtu, 23 Juli 2022 pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Karang Taulan yang lokasinya berseberangan dengan lapangan pacuan kuda Legokjawa. CCU dihadiri oleh 50 orang, dengan peserta ibu-ibu PKK, pengurus Karang Taruna, serta masyarakat sekitar. CCU adalah salah satu program kerja utama yang diusung mahasiswa KKN-T yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan pantai. Program ini juga dilaksanakan sejalan dengan cita-cita Desa Legokjawa, yaitu menjadi desa wisata olahraga.



Dalam sambutannya, Kepala Desa Legokjawa, Yanto Irawan, S.E menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga desa akan kebersihan pantai dan kesehatan lingkungan. Ketua Karang Taruna, Arif Jalaludin, S.E. pun menyemangati bagi peserta yang akan melakukan kegiatan bersih pantai dalam sambutannya.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Bank Sampah yang akan menyalurkan sampah yang telah dikumpulkan sebagai pemasukan warga desa. Ketua Bank Sampah, Yoga Lesmana, menyampaikan bahwa melalui kegiatan CCU diharapkan dapat megenalkan masyarakat lebih lanjut dengan Bank Sampah di Desa Legokjawa.peserta yang akan melakukan kegiatan bersih pantai dalam sambutannya.

Pembersihan pantai berhasil mengumpulkan total 75,8 kg sampah anorganik, yang akan diserahkan pada Bank Sampah untuk pengelolaan selanjutnya. Selain pengambilan sampah, diadakan pula acara hiburan seperti lomba meriah dan senam.

Kegiatan Coastal Clean Up dapat berjalan lancar dengan dukungan dan antusiasme tinggi dari pihak-pihak yang terlibat. Kelompok KKN-T IPB berharap program ini dapat menjadi kegiatan rutin di Desa Legokjawa, sehingga kebersihan pantai terjaga dan cita-cita desa dapat tercapai.

Penulis: Agavia Kori Rahayu, Amelia Nurlaila







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pendidikan Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini