Kreatif, SMK Bakti Karya Parigi Akan Gelar Pameran dan Fashion show Shibori


Kreatif, SMK Bakti Karya Parigi Akan Gelar Pameran dan Fashion show Shibori

Bertepatan dengan Hari Hutan Sedunia, 21 Maret 2021, kami akan menggelar pameran dan fashion show shibori serta fundraising untuk pengembangan SMK Bakti Karya Parigi. Apa sih Shibori?

Shibori adalah sebuah teknik dalam pewarnaan kain. Teknik celup kain ala shibori bukan perkara asal celup main warna. Di baliknya, ada proses yang begitu panjang. Gagal memaknai prosesnya, akan sulit memahami keistimewaan produknya, seperti yang disampaikan Ai Nurhidayat, Ketua Yayasan Darma Bakti Karya seperti dikutip myPangandaran dari laman Facebooknya.

"Rangkaian panjang mengumpulkan dedaunan, rerumputan, kulit-kulit kayu hingga sebangsa kunyit, dipadu dengan pengikat dari karat paku bekas bahkan.
Setelah itu kaen dibersihkan, ditiriskan sesudah bersih, baru dibentuk pola dengan mengandalkan ikatan tali sesuai desain yang dibayangkan. Semua corak yang direncanakan harus terwakili ikatan itu hingga dicelup berkali-kali dengan durasi yang panjang. Satu hal yang pasti, hasilnya tidak akan pernah ada yang sama.
Proses diakhiri dengan membuka ikatan dan penjemuran dengan intensitas cahaya terbatas. Setelah terkena angin dan menunjukan pola yang sudah jadi, karya itu barulah tampak. Kadang saat itulah, keringat yang keluar terbayar kontan." Tambahnya.

"Tetapi langkah selanjutnya lah yang akan membawa karya ini pada fungsinya. Fungsi pakaian sebagaimana kain lain. Bedanya, estetika yang melekat khas bersamanya membawa kebanggaan bagi pemakai dan yang melihatnya." Pungkas Ai.

Selain acara fashion show dan juga pemaparan tentang Shibori, anda juga bisa ikut berpartisipasi dalam mendukung aksi mengampanyekan penghormatan atas keragaman alam dan budaya serta relasi manusia dengan alam yang mendukung dunia berkelanjutan.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pendidikan Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini