Batukaras Surf Festival 2024, Ratusan Peselancar dari Berbagai Negara Siap Berkompetisi di Pangandaran


Batukaras Surf Festival 2024, Ratusan Peselancar dari Berbagai Negara Siap Berkompetisi di Pangandaran

Cijulang, mypangandaran.com - Festival Selancar Batukaras atau Batukaras Surf Festival 2024 akan digelar pada 9-11 Agustus 2024 di Pantai Batukaras, Cijulang, Pangandaran. Acara ini diselenggarakan oleh Batukaras Surf Club (BSC) bekerja sama dengan PSOI Pangandaran dan Purbakala dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

 
Ketua Penyelenggara Festival Selancar Batukaras 2024, Agni Herton, mengungkapkan bahwa tujuan dari festival ini adalah untuk mempromosikan potensi wisata dan kesenian tradisional Ronggeng Gunung kepada wisatawan asing, khususnya. "Kegiatan ini juga sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79," katanya pada Minggu, 4 Agustus 2024.
 
Agni menjelaskan bahwa festival ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan memberdayakan masyarakat demi kemajuan ekonomi. "Jadi harapan kami, kunjungan pariwisata dan perekonomian masyarakat meningkat," tuturnya.
 
Selain itu, festival ini juga menjadi ajang regenerasi bagi para peselancar muda untuk berprestasi di kejuaraan nasional maupun internasional. "Mudah-mudahan banyak atlet surfing terlahir dari Batukaras sebagai regenerasi pencarian bibit-bibit atlet," ucapnya.
 
Sejak dibuka, pendaftaran peserta telah mencapai 124 orang dari berbagai daerah seperti Bandung, Banten, Depok, Sukabumi, Lombok, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lainnya. Bahkan, banyak peserta mancanegara yang turut berpartisipasi, termasuk dari Jerman, Korea, Jepang, Austria, Skotlandia, Italia, Inggris, New Zealand, Malaysia, Filipina, Taiwan, Belgia, Afrika Selatan, dan Australia.
 
Agni menambahkan, ada empat divisi yang akan diperlombakan dalam festival ini, yaitu Short Board Men's, Short Board Women's, Longboard Men's, dan Longboard Women's. "Kami menyediakan hadiah total sebesar Rp 40 juta dan semua anggarannya murni dari kas Batukaras Surf Club dan pihak sponsor," tutupnya.
 
Festival ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi selancar tetapi juga sarana untuk mempromosikan keindahan Pantai Batukaras serta kebudayaan lokal, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan mendorong perkembangan ekonomi masyarakat setempat.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Komunitas Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini