Peningkatan Kapasitas Taruna Tagana di Kabupaten Pangandaran


Peningkatan Kapasitas Taruna Tagana di Kabupaten Pangandaran

KALIPUCANG - Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan penanganan bencana, Dinas Sosial Kabupaten Pangandaran menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Pantai Karapyak Desa Bagolo Kecamatan Pangandaran, Jumat 28 Juni 2024.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai hari ini (red) Jum'at 28 Juni sampai dengan Minggu 30 Juni 2024 bertujuan untuk memperkuat keterampilan dan pengetahuan para anggota Tagana dalam menghadapi berbagai situasi darurat dan bencana.

Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas para personel anggota dan menyelenggarakan pelatihan bagi anggota yang baru.

"Karena personel Tagana masih kurang,maka kami melaksanakan pelatihan  bagi calon personel baru sebanyak 10 orang," katanya, Jumat,28 Juni 2024.

Menurutnya personel anggota Tagana Pangandaran seluruhnya ada 61 personel tetapi sebagian sudah ada yang tidak aktif karena kepentingan mereka masing-masing.

"Diantaranya mereka yang tidak aktif memilih untuk bekerja di luar daerah," tuturnya.

Kepala Bidang Dinsos PMD Kabupaten Pangandaran Rohendi menyampaikan kebanggaan atas  ke kompakan para anggotanya.

Menurutnya Tagana Pangandaran karena aktif selalu hadir membantu di setiap kebencanaan ternyata menjadi anak kesayangan Menteri Sosial Republik Indonesia Ibu Tri Risma Harini.

"Kekompakan teman-teman dan kinerja yang luar biasa karena dengan kekompakan Tagana Pangandaran maka Bu Risma melirik Pangandaran ini menjadi kesayangan di Jabar," ucap Rohendi.

Sementara itu Tagana Pangandaran sendiri selalu dihadir pada misi kemanusiaan keluar daerah diantaranya membantu korban bencana alam Gempa Cianjur,Bencana Gempa Sumedang, Bencana Banjir Demak Jawa Tengah,Bakti Sosial membangun rumah untuk para lansia di Aceh.

"Makanya Tagana Pangandaran mendapat piagam dari Kemnsos yaitu pada tahun 2023 dan 2024," tambahnya.
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Komunitas Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini