Tembak-Tembakan! Cara Ngabuburit Komunitas Airsoft Gun di Pangandaran


Tembak-Tembakan! Cara Ngabuburit Komunitas Airsoft Gun di Pangandaran

Banyak cara dilakukan untuk mengisi waktu menunggu buka puasa atau istilahnya ngabuburit. Ada yang menanti waktu berbuka dengan melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti mengaji atau itikaf di masjid. Ada juga yang memilih menanti waktu berbuka atau ngabuburit dengan jalan-jalan ke tempat-tempat keramaian.

Di Pangandaran, komunitas Marlin Airsoft Gang (MAG) memilih ngabuburit dengan cara bermain perang-perangan (Skirmish) saling menembak satu sama lain atau sering juga disebut dengan istilah Sukir, tapi perang ini bukanlah perang yang sesungguhnya, melainkan hanya sebuah permainan tembak menembak menggunakan unit mainan airsoftgun (spring gun) sekali kokang sekali tembak bukan senjata sungguhan melainkan sebuah replika senjata dengan amunisi peluru bola (BB) plastik ukuran kaliber atau diameter 6mm .

Laksmono atau yang akrab dipanggil Om Mono salah satu penggiat airsoft di Pangandaran mengatakan unit airsoft bentuknya memang mirip dengan aslinya, tetapi ini bukan senjata. Kami menyebutnya dengan unit. Ciri khasnya di ujung larasnya ini ada orange tip, semacam tanda petunjuk, bahwa ini mainan, bukan senjata.

"Kegiatan sukir ini dilakukan pada hari Sabtu di Eks Waterpark Lembah Putri Pangandaran, personilnya datang dari berbagai kalangan, Kita selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan, untuk mengikuti kegiatan ini yang perlu diperhatikan setiap personel harus memliki senjata airsoftnya (unit) standart prosedur komunitas dan perlengkapan keamanan, seperti deker, pelindung tangan, rompi, kacamata, dan pelindung kepala," imbuh Mono.

Laksmono memaparkan bahwa permainan Airsoft gun merupakan permainan outdoor yang menantang yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Permainan ini merupakan bentuk simulasi peperangan militer. Hampir seluruh lapisan masyarakat menyukai permainan ini. Selain menantang adrenalin dan mengasah kemampuan strategi, permainan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengolah tubuh. Unit yang dipakai ini tipe spring adalah unit paling murah, di internet harganya bahkan ada yang kurang dari seratus ribu.

“Kalau di dalam game itu seperti PUBG atau Free Fire, mirip dan sama. Tetapi bedanya, kita bermain langsung riil. Kemudian berlari-lari. Jadi ada olahraganya gitu,” kata Mono.

"Airsoft jenis spring (sekali kokang sekali tembak ) Ini adalah jenis unit airsoft yang paling ekonomis dibandingkan dengan jenis yang lain. Selain harganya yang murah perawatan yang mudah, murah dan bisa diotak atik sesuka hati. Kekurangannya, biasanya skalanya tidak 1:1 tapi ada juga yang 1:1. Jauh dari disebut mendekati senjata aslinya karena rata-rata terbuat dari plastik yang ringan.Tapi dalam permainannya, airsoft jenis spring tidak kalah seru dengan jenis-jenis yang lain," jelas Mono.

Mono menambahkan, Ada baiknya juga sebelum mengenal airsoft lebih jauh, kita bisa baca-baca tentang aturan yang berlaku di negara kita yaitu Perpol no. 5 tahun 2018 yang mengatur tentang Pengawasan dan Pengendalian Replika Senjata Jenis Airsoft Gun dan Paintball. (amin/mypnd).







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Komunitas Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini