Tradisi Syukuran Nelayan Bojongsalawe, Ungkapan Syukur dan Pelestarian Budaya


Tradisi Syukuran Nelayan Bojongsalawe, Ungkapan Syukur dan Pelestarian Budaya

Parigi, mypangandaran.com - Tradisi Syukuran Nelayan Bojongsalawe merupakan warisan leluhur yang telah dilaksanakan sejak dahulu kala. Para nelayan Bojongsalawe terus melestarikan tradisi ini sebagai bentuk syukur atas limpahan rezeki dari hasil melaut.

 
Syukuran yang digelar di TPI Bojongsalawe Parigi pada Selasa, 6 Agustus 2024 ini, dihadiri oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Kadis KPKP, Camat Parigi, Kades Karangjaladri, Wakapolres, Pos TNI AL, HNSI, RN, serta warga kabupaten Pangandaran.
 
Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, memberikan apresiasi tinggi atas pendapatan TPI Bojongsalawe yang mencapai 10 milyar rupiah per tahun. Ia berharap, prestasi ini bisa terus ditingkatkan di masa mendatang. “Mudah-mudahan ke depannya lebih baik lagi,” katanya.
 
Bupati juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan laut, karena laut adalah sumber penghidupan utama para nelayan. "Laut adalah sawah kita, tapi harus memperhatikan sisi lingkungannya. Laut akan rusak kalau tidak dijaga," ujarnya.
 
Ketua Rukun Nelayan Bojongsalawe, Gito, menjelaskan bahwa syukuran nelayan ini dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan pergantian Tahun Baru Islam atau Muharram. Acara ini adalah bentuk introspeksi dan evaluasi diri untuk memperbaiki kekurangan di masa lalu.
 
"Selama satu tahun ini, pendapatan dari hasil tangkapan nelayan Bojongsalawe mencapai 10 milyar rupiah," ungkap Gito. Dari pendapatan tersebut, sebagian disisihkan untuk menyelenggarakan acara Syukuran Nelayan ini. “Dari total 10 milyar disisihkan untuk acara ini,” lanjutnya.
 
Syukuran Nelayan Bojongsalawe juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial seperti santunan anak yatim, bantuan untuk jompo, khitanan massal, dan sumbangan ke masjid. Selain itu, digelar juga berbagai budaya tradisional yang telah menjadi warisan turun temurun. 
 
"Kalau tidak ada budaya, masyarakat menanyakan, kenapa sepi," jelas Gito.
 
Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Pangandaran dan Kadis KPKP atas dukungan mereka dalam mensukseskan acara Syukuran Nelayan ini.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Budaya Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini