Syukuran Nelayan Pangandaran, Tradisi Turun Temurun Dari Leluhur


Syukuran Nelayan Pangandaran, Tradisi Turun Temurun Dari Leluhur

Pangandaran, mypangandaran.com, - Ratusan warga dan wisatawan berbaur tumpah ruah memeriahkan tradisi larung dongdang dalam rangkaian acara Hajat Laut (Syukuran Nelayan) di Pantai Barat Pangandaran, Jumat 12 Agustus 2022.

Hajat Laut (Syukuran Nelayan) adalah acara yang dihelat setiap tahunnya yang dilaksanakan pada bulan Muharram pada Kamis Wage menjelang Jumat Kliwon, Syukuran Nelayan dimaksudkan sebagai ucapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki serta keselamatan terhadap para nelayan.

Di Pantai Barat acara Hajat Laut berlangsung di blok sentra belanja Nanjung Sari, Pantai Barat Pangandaran

Edi Rusmiadi sebagai tokoh masyarakat sekaligus penyelenggara acara hajat laut di pantai barat Pangandaran mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi turun temurun dari leluhur yang harus dipertahankan.

"Kami mencoba untuk mempertahankan tradisi turun temurun yang ada di basisir pantai pangandaran," kata Edi.

Masih dikatakan Edi, dalam pelaksanaanya tradisi hajat laut di Pantai Barat Pangandaran ada beberapa rangkaian acaranya.

“Kegiatan tradisi tersebut di antaranya ijab dongdang, kemitan dongdang, Kirab dongdang, larung dongdang, tawasul, cucurak dan diakhiri dengan gelar seni budaya,” ungkap Edi.

Sementara Yudi (32) wisatawan asal Bandung yang kebetulan sedang berlibur di Pantai Pangandaran mengatakan, dirinya sangat beruntung bisa mengikuti kegiatan larung dongdang.

"Ini pengalaman pertama saya, sangat seru bisa menyaksikan langsung nelayan Pangandaran melaksanakan larung dongdang," kata Yudi.(*)

 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Budaya Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini