Hajat Laut 1 Muharram 1441 H, Refleksi Rasa Syukur Nelayan Pangandaran


Hajat Laut 1 Muharram 1441 H, Refleksi Rasa Syukur Nelayan Pangandaran

Pangandaran, mypangandaran.com - Pemerintah  Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar Hajat Laut yang di selenggarakan secara meriah di Lapang Ketapang Doyong Pantai Timur Pangandaran pagi tadi (1/9/2019).

Bertepatan dengan 1 Muharram 1441 Hijriyah, Hajat laut kali ini mengusung tema Mari Berhijrah Menuju Pribadi Yang Bertaqwa dan Berahlakulkarimah.

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata membuka acara dengan Doa bersama dan diakhiri tabur bunga untuk mengenang para nelayan yang telah gugur di laut.

"Hajat laut atau syukuran nelayan adalah puncak acara menyambut tahun baru islam 1441 Hijriyah," Ucap Jeje.

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata menjelaskan tentang hal paling mendasar tentang Hajat Laut.

"Biasanya syukuran nelayan atau hajat laut itu patokannya Jumat Kliwon pada bulan Muharram atau bulan Sura, Kami mencoba mendesign, dan menentukan pada hal yang paling mendasar menurut syariat Islam, pilihannya yaitu jatuh pada 1 Muharram hari apapun l," jelas Jeje.

Sementara Datam salah satu Pengurus HNSI kabupaten Pangandaran dalam sambutannya menuturkan bahwa Hajat laut merupakan bentuk rasa syukur nelayan Pangandaran kepada Allah SWT.

"Hajat Laut atau Syukuran Nelayan kali ini kita selenggarakan pada 1 Muharram bertepatan dengam tahun baru Islam 1441 Hijriyah, Hajat laut adalah bentuk rasa syukur nelayan kepada Allah SWT," begitu tutur Datam.

Ditambahkan Datam "Alhamdulillah pendapatan nelayan tahun ini melimpah, capaian produksi sudah mencapai 60% dari target 2,6 miliar,  Semoga dengan hajat laut nelayan Kabupaten Pangandaran mendapat berkah dan barokah," tambahnya.



 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Budaya Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini