Lapang Ketapang Doyong Disulap Jadi Pacuan Kuda


Lapang Ketapang Doyong Disulap Jadi Pacuan Kuda

Pangandaran, myPangandaran- Pembangunan lintasan Pacuan Kuda di Belakang Komplek Polair Lapang Katapang Doyong, Dusun Parapat, Desa Pangandaran Kabupaten Pangandaran, membuka sejarah lama (tahun 1980-an) keberadaan pacuan kuda yang pernah jaya di daerah tersebut. pada tahun 1980an Pangandaran  terkenal dengan potensi wisata Pacuan Kuda. Dengan dibangunnya kembali pacuan kuda, tentunya warga Pangandaran akan kembali mengingat keberadaan pacuan kuda di masa lalu.

Kepala Desa Pangandaran, Herdiawan mengatakan lahan tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pengembangan potensi pariwisata daerah. Misalnya, kata dia, menjadi kawasan arena olahraga, beternak kuda, dan pacuan kuda. “Kami ingin membangkitkan Nostalgia masyarakat Pangandaran yang cinta Kuda untuk berolahraga dan beternak kuda,” katanya.

Ketua BPD Desa Pangandaran, yang juga Wakil dari Persatuan Olahraga Berkuda (Pordasi) Kabupaten Ciamis, Asep Noordin, mengatakan, potensi wisata di kawasan Lapang Doyong Pangandaran sangat terbuka. Sayangnya. kondisi lahan tersebut kurang dikelola sehingga kurang bermanfaat. Apalagi, tanah HGB-nya juga habis alias status Quo. Selain Legok Jawa, Pacua Kuda Lapang Doyong juga berpotensi jadi wisata kedepannya.

Menurut Asep Noordin, rencananya lintasan balap untuk pacuan kuda tersebut adalah trek pendek atau sekitar 600 meter. “Lintasannya 600 meter. Ini merupakan trek pendek. Trek ini sudah disesuaikan dengan mempertimbangkan berbagai hal. Mudah-mudahan pembuatan lintasan ini selesai sebelum lebaran. Dan pada HUT RI nanti, kami ingin menggelar acara sekalian arena pacuan ini diresmikan,” pungkasnya.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Antisipasi Banjir, Warga Babakan Lakukan Normalisasi Sungai Cikidang

Antisipasi Banjir, Warga Babakan Lakukan Normalisasi Sungai Cikidang


Kamis, 15 September 2016 09:00 WIB
Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat bersama masyarakat desa Babakan dan di hadiri oleh dandim dan anggota koramil Pangandaran melakukan normalisasi sungai Cikidang guna mengantisipasi banjir mengingat hujan mulai turun intensif di Pangandaran.
Api PON XIX Disambut Meriah Di Pangandaran

Api PON XIX Disambut Meriah Di Pangandaran


Kamis, 08 September 2016 18:05 WIB
Kirab api PON XIX yang melintasi beberapa kabupaten kota di Jawa Barat termasuk Pangandaran di sambut sangat meriah, ribuan warga Pangandaran memadati sepanjang jalan di mana api pon tersebut di arak hingga ke pusat penyambutan yaitu di Lapang Parigi Pangandaran. Setibanya di Lapang Parigi, rombongan pembawa obor yang sebelumnya berlari sejauh kurang lebih 3 kilometer, di sambut oleh ketua KONI Kabupaten Pangandaran selanjutnya di sambut oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, dan seiring dengan itu di antar oleh tarian khas Pangandaran dan dilanjut dengan rangkaian acara prosesi. Acara di kemas dengan rangkaian acara yang menarik seperti tari Kuda Lumping, pengenalan senam Berseka Pangandaran, hingga pertunjukan dari atlet PABSI Kabupaten Pangadaran, dan dilanjut malam harinya dengan gelar seni tradisi Ronggeng Gunung dan pentas tari dengan mengenalkan tarian Sinjang Panggendam dan tari Galura Sagara. Bupati menyatakan dengan sampainya api PON ke Pangandaran itu menandakan masyarakat Kabupaten Pangandaran siap menyambut gelaran Pekan Olah Raga Nasional, dan diharapkan akan sukses luar biasa.
​Kirab Obor Api PON Akan Sambangi Pangandaran

​Kirab Obor Api PON Akan Sambangi Pangandaran


Rabu, 07 September 2016 09:50 WIB
Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke-19 Jawa Barat yang akan di mulai pada tanggal 17 September hingga 29 September 2016 mendatang, yang akan di susul dengan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) Ke-15 di tanggal 15-24 Oktober 2016 nya, melalui suatu prosesi yaitu Kirab Obor yang akan berkeliling ke semua kota di Jawa Barat yang pada hari ini (06/09) memulai perjalananya dari Indramayu yang di lepas langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (PMK RI) Ibu Puan Maharani.
Gelar Tes Event PON XIX, Bupati Nyatakan Pacuan Kuda Siap Digunakan

Gelar Tes Event PON XIX, Bupati Nyatakan Pacuan Kuda Siap Digunakan


Minggu, 04 September 2016 16:15 WIB
Tes event pagelaran akbar tingkat nasional PON XIX untuk pertama kalinya di gelar pada Kamis (01/09) di venue pacuan kuda Legok Jawa Cimerak, dan secara teknis dan kelayakan venue di rasa sudah memenuhi syarat dan siap untuk menerima para atlet pacuan kuda pada pertengahan September mendatang.