19 RUU Pemekaran Dibahas 2013


19 RUU Pemekaran Dibahas 2013

Pangandaran,myPangandaran.com-

JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi tetap bersikukuh pada sikapnya bahwa pembahasan 19 Rancangan Undang-Undang (RUU) pemekaran daerah, baru akan dimulai pembahasannya setelah terbit UU pemda terbaru hasil revisi UU Nomor 32 Tahun 2012.

Dia memperkirakan, jika revisi UU pemda itu kelar akhir tahun ini, maka pembahasan serta pengesahan 19 RUU pembentukan otonom baru itu dilakukan 2013. Saat ditanya apakah pembentukan daerah otonom baru menjelang pemilu 2014 tidak akan menggangu penetapan dapil, Gamawan mengatakan, tidak. 

"Kalau pun 2013 disetujui, tidak akan mengganggu pemilu, karena daerah itu harus terlebih dulu menjadi daerah administrasi, tidak langsung otonom," ujar Gamawan Fauzi di kantornya, Jumat (4/5).Dia menyebutkan, untuk daerah administrasi sebagai persiapan menjadi otonom ini, memerlukan waktu tiga tahun. "Jadi tak mengganggu pemilu 2014," ulang Gamawan.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya secara internal sedang membahas 19 RUU pemekaran yang diusulkan DPR. Gamawan pun blak-blakan mengatakan, dirinya menyampaikan bahan pertimbangan ke Presiden SBY bahwa saat ini pemerintah masih berkomitmen dengan kebijakan masa jeda atau moratorium pembahasan pemekaran. 

Di masa jeda ini, sedang dibahas revisi UU pemda, yang didalamnya nanti memasukkan grand design penataan daerah, yang nantinya menjadi rujukan pembentukan daerah otonom baru. "Jadi tinggal sedikit lagi, tunggu UU hasil revisi ini," ucap Gamawan.Seperti diberitakan, 19 RUU pemekaran telah diajukan DPR ke presiden untuk dibahas. Salah satu RUU daerah provinsi baru yang akan dibentuk adalah Provinsi Kalimantan Utara.

Selebihnya pembentukan RUU daerah otonomi baru kabupaten yakni Mahakam Ulu di Provinsi Kalimantan Timur, Musi Rawas Utara di Provinsi Sumatera Selatan, Penukal Abab Lematang Ilir di Provinsi Sumatera Selatan, Malaka di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pangandaran di Provinsi Jawa Barat, Pulau Taliabu di Provinsi Maluku Utara, Pesisir Barat di Provinsi Lampung, Mamuju Tengah di Provinsi Sulawesi Barat.Selanjutnya, Kabupaten Banggai Laut di Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Morowali Utara di Provinsi Sulawesi Tengah. 

Sedangkan di Provinsi Sulawesi Tenggara akan dibentuk kabupaten/kota yakni Kabupaten Konawe Kepulauan, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Muna Barat, dan Kota Raha. Begitu juga dengan Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak di Provinsi Papua Barat.

Sumber : Jawa Pos







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Peringatan 10 Tahun Tsunami Terjang pangandaran Berjalan Sederhana dan Khidmat

Peringatan 10 Tahun Tsunami Terjang pangandaran Berjalan Sederhana dan Khidmat


Senin, 18 Juli 2016 12:05 WIB
Bencana tsunami yang menerjang sepuluh tahun yang lalu semalam (17/07) diperingati di Lapangan parkir Boulevard Pangandaran, ratusan anggota badan penyelamat, warga dan wisatawan bahkan peneliti memadati acara tersebut, pada kesempatan tersebut hadir juga wakil bupati Pangandaran Adang Hadari yang memberikan renungan sekaligus memimpin mengheningkan cipta dan memberikan santunan kepada korban tsunami.
Peringati Satu Dekade Tsunami, Kompepar Akan Gelar Doa Bersama

Peringati Satu Dekade Tsunami, Kompepar Akan Gelar Doa Bersama


Sabtu, 16 Juli 2016 12:38 WIB
Tak terasa sudah sepuluh tahun berlalu dari kejadian pilu waktu itu di tahun 2006, di mana pada tanggal 17 Juli tepat pukul 16.10 Wib Pangandaran di guncang gempa dan di susul dengan bencana tsunami yang memporak-porandakan jalur pesisir pantai Pangandaran. Lebih dari 500 jiwa melayang dan kerugian mencapai milyaran.
Ngabuburit Warga Pangandaran Dihibur Band Ternama

Ngabuburit Warga Pangandaran Dihibur Band Ternama


Senin, 13 Juni 2016 12:31 WIB
Aktifitas menunggu waktu berbuka puasa di Pangandaran terkenal dengan istilah "ngabuburit", banyak hal yang dilakukan selain berkumpul bersama komunitas atau teman di sebuah tempat titik kumpul atau meeting point, atau hanya sekedar melihat arena hiburan yang akhir-akhir ini bermunculan di Pangandaran seperti aktifitas anak-anak skater dan bmx dan inline skate di skaterpark, ajak selfie dengan binatang reptil, sewa motor listrik untuk anak-anak, pasar malam, atau yang lainya.
Akibat Cuaca Buruk Posisi MV Viking Bergeser

Akibat Cuaca Buruk Posisi MV Viking Bergeser


Jum'at, 10 Juni 2016 10:26 WIB
Cuaca buruk yang melanda jalur pantai selatan Jawa akhir-akhir ini dan juga melanda jalur selatan pesisir pantai Pangandaran selain mengakibatkan sejumlah titik mengalami kerusakan, tak luput dari terjangan ombak besar juga kapal MV Viking yang di tengarai akan di jadikan momentum kejayaan pemberatasan ilegal fishing yang di posisikan di pantai Pasir putih pantai barat Pangandaran.