Wisatawan Asing Terpukau


Wisatawan Asing Terpukau

Pangandaran,myPangandaran.com-Puluhan anak-anak Sanggar Seni Lingga tampil memukau wisatawan asing dalam pagelaran Hikayah Sang Putri, semalam. Acara yang digelar di halaman Hotel Nyiur Indah, Jalan Bulak Laut Pangandaran, para turis tak henti-hentinya memberikan apresiasi di setiap babak pertunjukan.

Mereka membawakan tarian jete dan teatrikal bercerita. Tarian lainnya seperti tari lingga paksa, tari kijang, tari merak, topeng kelana, dan tari jaipong Bali. Selain itu, dalam pertunjukan tersebut disuguhkan juga tarian gondang, yaitu aktivitas menumbuk padi tradisional oleh kaum perempuan sambil mendendangkan lagu-lagu daerah.

“Kami memang memberikan satu suguhan cerita sederhana, namun menarik dan mudah dipahami penontonnya. Selain para pemerannya berusia dini,  kami juga berharap penonton lebih mudah menyimpulkan pesan dari pertunjukan tersebut,” ungkap Fani Purnamasari, pembimbing Sanggar Seni Lingga seusai pertunjukan.

Dikatakannya, butuh waktu tiga bulan untuk melatih 34 siswa sanggar yang terlibat dalam pertunjukan tersebut. “Memang tidak mudah dalam membuat satu pertunjukan, kebanyakan siswa kami juga berusia dini. Butuh proses yang panjang untuk melatih mereka agar melakoni satu peran dan mengolaborasikannya dengan musik dan tarian,” ungkap wanita yang juga aktif sebagai penari dan guru SD ini.

Kebetulan, lanjut dia, dirinya juga mengembangkan satu tarian hasil pengembangan sanggarnya sendiri yaitu, tari Jete. “Tarian ini setiap gerakannya kami buat dengan kreativitas kami, namun tetap tidak meninggalkan ciri khas tarian dari daerah kami (Jawa Barat),” terangnya. Keisya (4), salah seorang pemeran paling belia, sangat senang bisa tampil menari di hadapan wisatawan. “Seneng aja, bisa nari di panggung,” ungkapnya. Sementara Lily, wisatawan asal Belanda mengaku kagum dengan penampilan anak-anak sanggar. “Mereka hebat, pandai berakting dan menari,” tuturnya.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini