Pedagang di Pasar Wisata Pangandaran Didata Ulang


Pedagang di Pasar Wisata Pangandaran Didata Ulang

Pangandaran,myPangandaran.com-Himpunan Pedagang Pasar Wisata Pangandaran (HP2WP) melakukan pendataan ulang pemilik atau pemegang Hak Guna Pakai kios dan los di Pasar Wisata Pangandaran sejak Sabtu (10/4) hingga 10 Juni mendatang.

Menurut Ketua HP2WP Engking Sukirman, pendataan ini dilakukan karena banyaknya kios dan los yang sudah berpindah tangan. “Kami mencoba menertibkan administrasi, sehingga nantinya kami memiliki data yang lengkap dan akurat. Selama ini pihak pemerintah belum bertindak membenahi kembali Pasar Wisata,” jelasnya kepada wartawan.

Dia berharap, pendataan kembali status kepemilikan kios dapat membantu pemerintah untuk membenahi Pasar Wisata ke depan. “Saat ini, kepemilikan HGP kios banyak yang sudah berpindah tangan. Sebagian dikontrakan atau beralih menjadi tempat hunian,” bebernya. Engkin menyayangkan adanya pemilik lama yang mengontrakan kios miliknya ke pedagang lain, sementara dirinya berjualan di kawasan pantai.
“Mungkin karena di sini sepi, lalu mereka kontrakan hingga belasan juta rupiah. Kemudian mereka berjualan lagi di pantai. Kalaua nantinya ada relokasi pedagang dari pantai, gimana? Mereka tidak punya hak lagi di PW. Kan konyol,” paparnya.

Untuk itu dia berharap pemerintah kembali mengoptimalkan Pasar Wisata sebagai terminal pemberhentian bus pariwisata. “Saat ini, bus yang ke Pasar Wisata tidak membawa pengunjung. Hanya parkir saja. Sementara penumpang langsung diturunkan di penginapan. Dulu bongkar muat pengunjung di sini (Pasar Wisata, red). Kalau sperti sekarang, siapa yang akan beli? Yang datangnya saja cuma supir bus,” sesalnya. Diutarakan Engking, karena kondisi ini, sebagian besar pedagang di Pasar Wisata kembali berjualan di pinggir pantai.  “Dari 940 kios di pasar wisata kini hanya 40 persennya saja yang masih aktif berjualan. Sebagian pindah ke pantai, sebagian lagi memilih tutup. Malahan banyak juga yang mengubah fungsi kios menjadi tempat hunian,” bebernya.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini