Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Turun? Dinas Pariwisata Beri Penjelasan


Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Turun? Dinas Pariwisata Beri Penjelasan

PANGANDARAN - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran beri penjelasan tentang penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Objek wisata pantai Pangandaran.

 
Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Nana Sukarna melalui Kepala UPTD Wilayah Pangandaran Riko Agung Purnama mengatakan penurunan jumlah wisatawan, diakibatkan perbedaan pencatatan dan permberlakuan Perda Terbaru di Tahun 2024.
 
"Dari data BI yang beredar tercatat kunjungan Pangandaran di tahun 2022 sebanyak sekitar 3.7 juta wisatawan, di tahun 2023 sebanyak sekitar 2.8 juta wisatawan, sedangkan di tahun 2024 berjalan sekitar 1.8jt wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran," kata Riko. Senin (28/10/24).
 
Menurut Riko perbedaan pencatatan lah yang menjadi seolah ada penurunan wisatawan karena di tahun sebelumnya dan tahun berjalan terjadi perbedaan pencatatan dimana di tahun 2023 di catat per jenis kendaraan sedangkan di tahun 2024 di hitung per jiwa.
 
"Dan juga pemberlakuan Perda menurut klasifikasi kelas dimana satu tiket untuk destinasi Pangandaran dan Batu Hiu, satu tiket untuk Madasari dan Batukaras serta retribusi destinasi Pantai Karapyak, dan Green Canyon," jelas Riko.
 
Riko menyampaikan tahun sebelumnya kendaraan yang masuk Pangandaran dan Batu Hiu dicatat 2 kali, sedangkan tahun ini diberlakukan sebagai tiket terusan atau klasifikasi, yang membuat dicatatan seolah-olah terjadi penurunan. 
 
Namun demikian menurut Plt Kadispar meski jumlah wisatawan tercatat lebih sedikit namun PAD Pariwisata mengalami kenaikan dimana per Oktober 2023 sebesar 22 Milyar sekaran di Oktober 2024 sudah mencapai sekitar 24 milyar ada kenaikan sekitar 11 persen.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini