Pasca Pendemik, Pangandaran Bakal Dijadikan Wisata Unggulan Jawa Barat


Pasca Pendemik, Pangandaran Bakal Dijadikan Wisata Unggulan Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil mengungkapkan bahwa pasca pandemik covid-19 akan menjadikan Pangandaran sebagai wisata unggulan khususnya di Jawa Barat. Hal ini disampaikan dalam sebuah Webminar kearsitekan di Gedung Pakuan.

Seperti dikutip dari Harian Republika, Pangandaran diusung karena memiliki berbagai panorama alam yang indah mulai dari sawah, sungai, gunung, hingga pantai. Pangandaran dinilai mampu menjadi destinasi wisata unggulan untuk meningkatkan perekonomian Jabar.

Emil yakin Pangandaran dan Jawa Barat secara umum akan pulih kembali pascapandemi Covid-19. "Asalkan dirawat dengan baik, apalagi (jika) Pangandaran didesain dengan baik, ekonominya akan melompat," ujar Emil, akhir pekan ini.

Menurutnya, kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan Provinsi Jabar serta dukungan pusat pun, diperlukan untuk kemajuan wisata di Pangandaran. "Semua kompak dan bisa (berkolaborasi), (maka) Pangandaran akan kembali baik (pascapandemi)," kata Emil.

Selain itu, Emil menilai Pangandaran memiliki peluang lebih besar untuk menggaet wisatawan karena mayoritas yang datang adalah wisatawan nusantara (wisnus) atau wisatawan lokal yang tidak membutuhkan transportasi udara. "Karena itu, saya yakin wisata di Pangandaran akan kembali pulih," kata dia.

Emil pun menyarankan, agar semakin banyak lagi kegiatan di Pangandaran. Karena, kegiatan bisa membawa pengaruh luas terhadap kuliner, penginapan, hingga pendapatan ekonomi masyarakat sekitar.

Acara-acara otomotif pun bisa diciptakan di kawasan wisata Pangandaran sehingga tidak ada alasan Pangandaran tidak sukses dan keren. "Begitu pula dengan angka gini ratio kemiskinan di Pangandaran harus rendah," kata dia.

Sementara menurut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, meyakini kunci keberhasilan pariwisata adalah dengan rutin menata dan merawat destinasi wisata. Pangandaran tahun ini akan mulai menyambungkan Pantai Barat dan Pantai Batu Hiu melalui jalur pantai dengan waktu tempuh diperkirakan hanya 10 hingga 15 menit.

"Skywalk di Pantai Pangandaran akan segera ditata dengan baik, karena di situ pusat keramaian, tahun ini akan mulai dimural," kata Jeje.

Menurut Ketua Pengurus Nasional (PN) Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) Dian Heri Sofian, jalur pedestrian di kawasan Pangandaran pun akan dipercantik dengan area hijau tanaman khas daerah Pangandaran. "Melengkapi keindahan pantai Pangandaran dengan sebuah plaza yang berisikan rekaman cerita tentang catatan sejarah Pangandaran, Jawa Barat, dan Indonesia," kata Dian. 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini