2019, Pemerintah Siapkan Dana 5 Triliyun Bangun KEK Pariwisata Pangandaran


2019, Pemerintah Siapkan Dana 5 Triliyun Bangun KEK Pariwisata Pangandaran

Pemerintah tengah menggodok rencana penetepan Pangandaran dan Sukabumi menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwsata, hal ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Jawa Barat selatan, tidak tanggung-tanggung rencananya dana 5 Triliyun rupiah siap digelontorkan. Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya di di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018).

"Kami mengusulkan ada dua kawasan ekonomi khusus pariwisata, satu di Sukabumi, satu di Pangandaran" kata Arief  seperti dikutip dari MerdekaCom.

Pembangunan dua KEK tersebut direncanakan pada 2019 tahun depan setelah disetujui oleh Kemenko Perekonomian. Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan dua KEK tersebut sekitar Rp 8 triliun. "Sementara kalau untuk yang Cikidang itu kira-kira Rp 3 triliun. Kalau pangandaran lebih besar, total Rp 5 triliun. Jadi Rp 8 triliun," tambah Arief.

KEK Pangandaran dikhususkan untuk wisata bahari, sedangkan KEK Sukabumi untuk agrowisata. Akses menuju dua daerah tersebut juga akan diperbaiki dengan bantuan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan.

Selain dua KEK wisata, Arief juga mengatakan akan ada ratusan desa wisata di Jabar selatan. Hal ini juga sudah dikomunikasikan dengan Menteri Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal, Eko Putro Sandjojo.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya