Jawa Barat Kejar Target 49 Juta Wisatawan, Pangandaran Diapresiasi


Jawa Barat Kejar Target 49 Juta Wisatawan, Pangandaran Diapresiasi

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 49 Juta pada tahun 2018. Target yang sangat besar ini tentu melihat banyaknya potensi yang ada di Jawa Barat, salah satunya Pangandaran yang kini terus berbenah menata destinasi wisatanya. Jumlah itu ditargetkan terdiri atas 48 juta kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan 1.750.000 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, untuk mencapai target tersebut, iamenekankan beberapa hal terkait rencana strategis yang perlu dilakukan untuk mendongkrak pariwisata di Jabar. Hal itu yakni, menekankan inovasi dan visi besar dalam pengembangan pariwisata di Jabar, seperti dikutip dari Republika Online.

Pada kesempatan yang sama Aher juga mengapresiasi Kabupaten Baru Pangandaran, menurut Aher Kabupaten Pangandaran telah berhasil melakukan terobosan, sehingga dunia wisata di sana bisa memberikan penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) signifikan untuk pemasukan daerah. Karena, sejak awal Pangandaran sudah memiliki kesadaran kalau unggulannya adalah kepariwisataan. "Ketika Pangandaran menjadi Kabupaten Pangandaran, PAD-nya itu Rp 22 Miliar. Tahun 2017 PAD Pangandaran Rp 144 Miliar. Lompatannya akibat pariwisata luar biasa," kata Aher.

Terobosan dan visi yang dilakukan Pangandaran terlihat pada landscape kotanya. Pangandaran berani menghilangkan sekolah dan puskesmas kecil untuk membuat ruang terbuka hijau atau taman dilengkapi jalan besar. Kemudian Pemkab Pangandaran mengganti sekolah dan Puskesmas tersebut oleh bangunan sekolah dan Puskesmas yang lebih besar di lokasi lain.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Audiensi Dengan Bupati, ini Kesepakatan Paguyuban Mobil Gowes Pangandaran

Audiensi Dengan Bupati, ini Kesepakatan Paguyuban Mobil Gowes Pangandaran


Minggu, 21 Januari 2018 03:01 WIB
Bertempat di Rumah Makan Koperasi Minasari Pamugaran Pangandaran, puluhan pengusaha paguyuban mobil gowes Pangandaran melakukan audiensi terkait dengan kebijakan bupati menata kawasan pantai Pangandaran seiring dengan relokasi pedagang wisata pantai dan juga penataan sepanjang jalur pantai Pangandaran, yang terdapat di dalamnya penyewaan jasa mobil gowes, sepeda wisata, mini trail, dan motor listrik.
Sambangi Pangandaran, Gubernur Lakukan 3 Agenda Besar

Sambangi Pangandaran, Gubernur Lakukan 3 Agenda Besar


Jum'at, 19 Januari 2018 01:37 WIB
Rabu, 17 Januari 2018 yang lalu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau yang lebih akrab di sapa Kang Aher sambangi Pangandaran, bukan tanpa maksud beliau berkunjung melainkan ada tiga agenda besar yang akan di resmikan yaitu peletakan batu pertama RSUD Pangandaran, peresmian Puskesmas Pangandaran dan peresmian bangunan relokasi pedagang pantai Pangandaran.
Pedagang Asongan Kompak Bantu Pembersihan Pantai Bekas PKL

Pedagang Asongan Kompak Bantu Pembersihan Pantai Bekas PKL


Selasa, 16 Januari 2018 01:34 WIB
Hari ke lima paska relokasi pedagang wisata pantai Pangandaran menyisakaan puing-puing dan sampah, meski secara rutin setiap KSPD serta stakeholder pariwisata di Pangandaran diwajibkan membantu dan mengawaji jalanya relokasi dan di bagi dalam beberapa zonasi, tetap saja saking banyaknya puing bangunan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk membersihkanya.
Habis Masa Jabatan, Kompepar Green Canyon Lakukan Pemilihan Ketua Baru

Habis Masa Jabatan, Kompepar Green Canyon Lakukan Pemilihan Ketua Baru


Kamis, 11 Januari 2018 09:36 WIB
Selasa, (09/01) Malam tadi dimulai pada pukul 19.30 Wib bertempat di ruang tunggu antrian Dermaga Green Canyon telah dilakukan pemilihan ketua Kelompok Masyarakat Penggerak Pariwisata (Kompepar) yang otomatis ditunjuk sebagai Ketua Pengelola destinasi wisata Green Canyon untuk satu tahun ke depan.