Penguatan Kelembagaan Jadi Fokus KOMPEPAR Kabupaten Pangandaran


Penguatan Kelembagaan Jadi Fokus KOMPEPAR Kabupaten Pangandaran

Pangandaran, myPangandaranNews - Setelah terbentuk melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 556/Kpts. 192-Huk.Org/2015 Pada tanggal 15 Mei 2015 yang lalu, dan hingga saat ini Kompepar Kabupaten Pangandaran telah memiliki sekitar 20 Kompepar Destinasi yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Pangandaran.

Meski terbilang mitra Dinas Pariwisata Kabupaten namun Kompepar bukan berarti didanai oleh Dinas, melainkan militan dan secara masif mensosialisasikan dan menjadi motivasi dan jalur koordinasi yang menyambungkan antara destinasi wisata dengan Dinas terkait, dan belum genap 1 tahun setelah dikeluarkanya Surat Keputusan (SK) Bupati Kompepar Kabupaten telah membina 20 destinasi wisata dengan baik meski dirasa belum maksimal.

Sebagai kelompok penggerak pariwisata yang merupakan organisasi informal yang tumbuh dari dan untuk masyarakat ini telah berjalan dengan mengakomodir berbagai unsur masyarakat di suatu lingkungan destinasi wisata mempunyai tugas pokok dan fungsi yang berat diantaranya peningkatan peran serta dunia usaha dan masyarakat dalam menata pelayanan dan kebutuhan wisatawan, peningkatan kesadaran masyarakat dalam upaya pengembangan wisata, menggalakan dan membatasi efek yang timbul dari wisata, peningkatan kebersihan dan ketertiban lingkungan, pemanfaatan dan peningkatan potensi destinasi serta pelayanan jasa wisata, dan bertindak sebagai motivator, fasilitator dan komunikator terhadap masyarakat sekitar desinasi wisata.
Dalam mengemban tugas dan fungsi tersebut Kompepar Kabupaten yang diketuai oleh Bpk. Edi Rumiadi beserta jajaranya selalu bergerak dengan melibatkan seluruh stakeholder pariwista baik dari kepemanduan, tour operator, serta lainya guna menciptakan pariwisata Kabupaten Pangandaran yang terkelola dengan baik serta bersaptapesona.

Target tahun ini Kompepar adalah penguatan kelembagaan serta peningkatan koordinasi dengan tour operator dan stakeholder pariwisata yang ada di Kabupaten Pangandaran. Fokus penguatan kelembagaan tesebut dimaksudkan untuk lebih memaksimalkan peran Kompepar dengan organisasi yang kuat dan jajaran pengurus yang bergerak semua di semua bidang baik di hubungan masyarakat, bina atraksi wisata dan budaya , bina kebersihan dan keindahan, Bina Kerajinan, Bina Pedagang, bina Generasi muda, bina peranan wanita, bina pembicara/" target="_blank">pendidikan pariwisata serta bina usaha yang akan menjadikan Pariwisata di Kabupaten Pangandaran menjadi pilihan utama bagi wisatawan.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini