Penghasilan jasa menumpang perahu wisata di Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, selama musim liburan hari raya Lebaran sampai jutaan rupiah setiap harinya.

Salah seorang pemilik perahu wisata Pantai Pangandaran, Muhadi (63) mengungkapkan meningkatnya penghasilan yang cukup besar itu dampak dari membludaknya wisatawan yang datang dari berbagai daerah sejak Lebaran hingga Minggu.Sedangkan pada hari-hari biasa, Muhadi maupun para pelaku usaha jasa perahu wisata lainnya hanya mampu meraup keuntungan berkisar Rp100 ribu.

Perjalanan perahu wisata dari pantai barat Pangandaran, Cagar Alam dan Pasir Putih (PP), kata Muhadi dikenakan tarif Rp150.000 yang dibagi untuk 10 orang penumpang sesuai kapasitas perahu.Dalam satu hari, Muhadi mengaku mampu memberangkatkan perahu bermuatan penuh 10 orang hingga 20 kali pemberangkatan dengan menghabiskan bahan bakar bensin 20 liter per hari.

Ia yang memiliki dua perahu wisata bantuan dari pemerintah bagi korban Tsunami Juli 2006 lalu, merupakan usaha yang ditekuninya sehari-hari. "Sekarang saya mempunyai enam orang pegawai yang semuanya merupakan keluarga saya sendiri," kata warga asal Cilacap, Jawa Tengah itu. (Sumber AntaraNews)