Jalan di Sidamulih Rusak Berat


Jalan di Sidamulih Rusak Berat

Pangandaran,myPangandaran.com-Sebagian besar jalan utama di Kecamatan Sidamulih rusak. Misalnya, jalan penghubung Desa Cikembulan, Desa Pajaten menuju Kecamatan Sidamulih dan jalan penghubung Desa Sukaresik, Desa Cikalong menuju Kecamatan Sidamulih. Malahan saat hujan mengguyur tadi malam, informasi yang dihimpun, jalan tersebut tertutup air dan dipastikan tidak bisa dilalui kendaraan baik motor maupun mobil, Sebagian aspal mulai menghilang dan berganti batu-batuan kapur yang menyulitkan pengendara motor serta membuat tidak nyaman pengendara yang melintas.

Menurut Usep (32), salah seorang warga Desa Cikalong, jalan sudah bertahun-tahun rusak. Namun hingga saat ini belum pernah ada perbaikan. “Setahu saya sejak di aspal, jalan di sini belum pernah diperbaiki sampai sekarang,” tuturnya. Padahal, lanjut dia, jalan tersebut merupakan akses utama warga.“Seharusnya pemerintah melihat pembangunan infrastruktur di daerah terutama jalan. Seperti di Kecamatan Sidamulih hampir sebagian besar jalan rusak berat. Bagaimanapun pemerataan pembangunan harus diutamakan, jangan sampai pembangunan hanya berpusat di kota. Kami juga warga Kabupaten Ciamis yang sama-sama bayar pajak,” ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan Aman (31), tokoh pemuda Desa Cikalong. Kata dia, jalan penghubung Desa Sukaresik dan Desa Cikalong sejak diaspal tahun 2004 hingga saat ini belum pernah ada perbaikan. Malahan pengaspalannya pun saat itu dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat. Informasi diterima, saat hujan lebat mengguyur kawasan Sidamulih kemarin malam, jalan menuju Desa Cikalong, tepatnya di kawasan pesawahan sempat terendam banjir. Ketinggian air mencapai lulut orang dewasa. Warga terpaksa mencari jalan alternatif yang jaraknya lebih jauh dengan kondisi jalan yang sama-sama rusak.

Warga menginformasikan banjir diakibatkan tidak adanya saluran air di sepanjang jalan tersebut dan saluran irigasi yang buruk. Sementara jalan yang melintasi areal pesawahan rendah, sehingga jika hujan lebat areal sawah terendam hingga ke badan jalan.Warga berharap rencana pemekaran Kabupaten Pangandaran, tidak membuat Pemerintah Kabupaten Ciamis mengabaikan pembangunan di wilayah Ciamis Selatan. Seperti diutarakan tokoh masyarakat Cikalong, Sukmana.

Kata dia, saat ini banyak jalan di Ciamis Selatan yang kondisinya rusak berat. Selain di Sidamulih, beberapa kecamatan lain seperti Cigugur, Cijulang dan Langkaplancar juga mengalami hal yang sama. “Masyarakat juga memberikan penilaian kepada pemerintah, kenapa jalan rusak dibiarkan saja? Malahan nggak sedikit orang bilang, gara-gara Pangandaran mau jadi kabupten, pembangunan ke selatan tersendat. Mudah-mudahan hal itu tidak benar,” ungkapnya

Sumber RadarTasikmalaya







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Politik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini