Upaya Mengatasi Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru di Pantai Pangandaran dengan Rekayasa Lalu Lintas


Upaya Mengatasi Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru di Pantai Pangandaran dengan Rekayasa Lalu Lintas
Ilustrasi suasana macet jelang pintu masuk Pangandaran (Foto: MyPangandaran)

PANGANDARAN, MYPANGANDARAN - Polres Pangandaran, Jawa Barat, tengah mempersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi terhadap potensi kemacetan di kawasan wisata saat momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), khususnya di Pantai Pangandaran.

AKP Asep Nugraha, Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pangandaran, menjelaskan bahwa kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran diperkirakan akan meningkat selama libur panjang, termasuk saat Nataru.

“Kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan di kawasan Pantai Pangandaran. Ada beberapa jalan di Pantai Pangandaran yang disiapkan untuk satu arah,” kata Asep, Sabtu (16/12/2023) dilansir dari laman ReJabar.


Tidak hanya itu, polisi juga akan mengatur lalu lintas kendaraan besar, seperti bus dan truk. Sejumlah kantong parkir untuk kendaraan besar telah disiapkan di Lapang Katapang Doyong dan Pasar Wisata. Kendaraan besar ini akan dilarang masuk ke jalan di sepanjang pantai.

Asep menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha di Pantai Pangandaran, termasuk melalui media sosial. Rambu-rambu tambahan juga telah dipasang untuk mendukung pelaksanaan rekayasa lalu lintas.

“Kami juga telah memberikan imbauan kepada para pelaku usaha ATV dan odong-odong agar tetap mematuhi rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan. Kalau lancar kan mereka juga yang terbantu,” ucapnya.


Selain di Pantai Pangandaran, Satlantas Polres Pangandaran juga menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas di jalur arteri. Meski begitu, kepadatan di jalur arteri diperkirakan akan terjadi saat arus balik. Sebagai solusi, polisi berencana menerapkan jalur satu arah pada jam tertentu untuk meredakan kendaraan yang keluar.

“Rencananya kami akan melakukan one way sepenggal seandainya terjadi kepadatan. Ketika arus balik jam 11.00-14.00 WIB, arus akan kami buat satu arah sepenggal untuk mengurai kendaraan keluar,” kata Asep.

Asep menegaskan bahwa Satlantas Polres Pangandaran telah menyiapkan tim penanganan potensi kemacetan di sekitar objek wisata Green Canyon dan Pantai Batukaras. Mereka berkomitmen untuk berupaya maksimal agar para wisatawan dapat menikmati liburan tanpa terganggu oleh kemacetan lalu lintas.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pernik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini