Ini Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Pangandaran Tahun 2023


Ini Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Pangandaran Tahun 2023

Pangandaran, mypangandaran.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama dengan Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah, Majelis Ulama, Dinas Perdagangan dan UMKM Kabupaten Pangandaran menggelar rapat koordinasi untuk menetapkan kadar besaran zakat fitrah 1444H/ 2023M dalam bentuk uang.

“Zakat fitrah untuk tahun ini sebesar tiga puluh ribu, ini berdasarkan harga beras di pasaran bahkan ini masuk ke kelas premium,” jelas Ketua BAZNAS Kab. Pangandaran Hendri Suganda di Aula Setda, Selasa (27/3/2023).

Menurut Hendri besaran zakat fitrah ini didasarkan pada harga beras dengan kualitas baik.

“Alhamdulillah, telah disepakati oleh setiap unsur yang hadir, dan InsyaAllah SK (Surat Keputusan) sudah mulai disebar besok ke KUA dan dinas-dinas,” tambahnya.

Sementara Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran H. Ujang Sutaryat mengatakan, kesepakatan ini perlu, untuk memberikan kepastian di masyarakat.

“Setelah ditetapkannya besaran untuk zakat fitrah dengan uang sebesar Rp. 30.000; (tiga puluh ribu rupiah) dengan rincian harga 12 ribu/Kg merupakan harga yang ideal untuk Kabupaten Pangandaran,” ujarnya.

Kepada umat Islam di Pangandaran H. Ujang menghimbau agar masyarakat menunaikan zakat fitrah dengan kualitas beras yang terbaik.

“Tunaikanlah zakat fitrah ini dengan beras yang terbaik, jangan sampai kita makan dengan beras yang terbaik tetapi ketika mengeluarkan zakat, dengan beras yang tidak bagus,” tegasnya.

Dengan penetapan besaran zakat fitrah ini, ia berharap umat Islam di Pangandaran agar menyegerakan untuk menunaikannya, hal itu dimaksudkan agar penyaluran zakat fitrah dapat optimal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang berhak menerimanya.
“Mari kita meningkatkan kualitas ibadah kita, terutama infaq dan sedekah,” pungkasnya.

Sumber : Kemenag Kab Pangandaran 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pernik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini